Brasil dan Jerman, Raksasa Sepakbola Tanpa Emas Olimpiade

Selebrasi pemain timnas Jerman usai membobol gawang Nigeria.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Prestasi Jerman dan Brasil di dunia sepakbola tak perlu diragukan lagi. Kedua tim ini tak pernah kehabisan bintang dan memiliki banyak koleksi trofi juara. Brasil sudah merebut 5 gelar Piala Dunia, 4 Piala Konfederasi, dan 8 Copa America. Jerman tak kalah garang, dengan raihan 4 Piala Dunia dan 3 Piala Eropa.

Detik-detik Mengerikan Pemain Timnas Jerman Kena Tendangan Brutal

Namun, jika berbicara Olimpiade, ceritanya berbeda. Baik Brasil maupun Jerman belum pernah sekalipun meraih medali emas. Selama berpartisipasi di Olimpiade, predikat nyaris juara begitu melekat dengan Brasil. Mereka sudah 3 kali menembus final, namun tak pernah sekalipun merebut emas.

Tiga kali Brasil harus puas merebut medali perak, pada 1984, 1988, dan 2012. Kegagalan 4 tahun silam masih terasa menyesakkan, karena harus kalah dari tim yang kurang diunggulkan, Meksiko dengan skor 1-2 di partai final.

Mengerikan, Jerman Cukur Habis Liechtenstein 9 Gol

Jerman malah lebih parah. Olimpiade kali ini merupakan penampilan pertama Jerman, setelah absen selama 28 tahun. Terakhir kali, mereka tampil di Olimpiade 1988 Seoul, masih dengan nama Jerman Barat.

Prestasi terbaik Jerman di Olimpiade hanyalah medali perunggu. Mereka meraihnya pada 1964 dan 1988.

Timnas Jerman Ingin Tutup 2021 dengan Catatan Positif

Sebelum Jerman bersatu, Jerman Timur malah punya prestasi lebih baik di Olimpiade. Jerman Timur pernah meraih medali emas pada 1976 dan medali perak pada 1980.

Jerman dan Brasil punya kesempatan emas untuk menghapus rekor buruk di Olimpiade. Mereka bakal bertemu di final Olimpiade 2016, Sabtu 20 Agustus 2016 (Minggu dini hari WIB) di Estadio Maracana, Rio de Janeiro.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya