Piala Eropa Rampung, UEFA Siap Bayar Kompensasi ke Klub

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, angkat trofi Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine

VIVA.co.id – Federasi sepakbola Eropa, UEFA akan segera memberikan dana kompensasi kepada 659 klub. Dana ini untuk "membayar" ketersediaan klub untuk mengizinkan pemainnya memperkuat negara masing-masing di Piala Eropa 2016, dikutip situs resmi UEFA.

Kibarkan Bendera Palestina, UEFA Jatuhkan Denda untuk Celtic

Dana sekitar €150 juta atau setara Rp2,2 triliun siap didistribusikan UEFA kepada klub-klub yang tergabung dengan Europe Club Association (ECA). Memorandum of Understanding (MoU) antara UEFA dan ECA seoal pembayaran benefit klub ini diumumkan pada tahun 2015 lalu.

Berdasarkan mekanisme pendistribusian yang sudah mendapatkan izin dari Executive Committee, €100 juta akan diberikan kepada klub-klub yang pemainnya mencapai putaran final Piala eropa. Sedangkan €50 juta, siap diberikan kepada klub-klub yang pemainnya berpartisipasi di tahap kualifikasi, meski negara mereka tak lolos ke Piala Eropa 2016.

Rayakan Ulang Tahun ke 60, Piala Eropa Akan Berubah Format

Direktur Kompetisi UEFA, Giorgio Marchetti, mengatakan "Klub-klub Eropa merupakan bagian penting dari kompetisi Piala Eropa. Sebagai bagian dari nota kesepahaman kami dengan ECA, pendapatan selama Piala Eropa akan didistribusikan ke klub yang pemainnya berpartisipasi di Piala Eropa," ujarnya.

"Ini adalah jumlah yang besar, di mana kami membayarkan kompensasi ke lebih dari 600 klub. Uang ini tentu akan sangat membantu perkembangan sepakbola di seluruh dunia," kata Marchetti.

UEFA Kini Dipimpin Orang Slovenia

Setelah mengumunkan ini, dalam waktu dekat UEFA akan segera memberi informasi keterangan soal berapa total dana yang diterima masing-masing klub. Di keanggotaan ECA, Jerman memiliki klub anggota terbanyak, dengan 11 klub (Bayern Munich, Schalke 04, Borussia Dortmund, VfB Stuttgart, Bayer Leverkusen, Borussia Moenchengladbach, Eintracht Frankfurt, Hannover 96, Hamburg SV dan Wolfsburg).

Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo, alami cedera di final Piala Eropa 2016

Karena Ronaldo Cedera, Portugal Juara Piala Eropa

Prancis justru dalam situasi sulit saat Ronaldo cedera di final.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2016