Portugal Kalah UsaI Juara Piala Eropa, Ini Penyebabnya

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Hasil buruk diraih Portugal di laga kompetitif perdana usai menjuarai Piala Eropa 2016. Tampil tanpa Cristiano Ronaldo yang masih cedera, Seleccao das Quinas takluk 0-2 dari Swiss di laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup B, Selasa 6 September 2016 (Rabu dini hari WIB).

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Tampil di St Jakob Park, Swiss sukses mencetak gol lewat aksi Breel Embolo di menit 23, dan Admir Mehmedi di menit 30. Hasil ini disesali oleh pelatih Portugal, Fernando Santos. Apalagi, ini menjadi kekalahan pertama Portugal dalam 14 laga kompetitif, sejak Santos menjadi pelatih pada September 2014.

"Kami memulai pertandingan dengan bagus. Kami mendominasi dalam 15 menit dan 20 menit pertama. Namun, kemudian kami terpesona dengan penampilan Swiss, dan bermain pragmatis," kata Santos seperti dilansir RTP.

Timnas Belanda Lolos, 16 Tim Kantongi Tiket ke EURO 2024

"Kami kebobolan di saat Swiss berada di dekat gawang kami. Setelah itu, kami membiarkan mereka memenangkan duel individu. Gelar Piala Eropa harus dilupakan. Kami tak setangguh biasanya. Kami tampil di laga kualifikasi dan ini tak boleh terjadi," lanjut pelatih 61 tahun ini.

Santos sempat membuat beberapa perubahan di babak kedua. Andre Silva dan Joao Mario masuk di awal babak kedua, sedangkan Ricardo Quaresma masuk menggantikan Joao Moutinho di menit 68. Ini sempat membuat permainan Portugal lebih agresif.

Prediksi Kualifikasi EURO 2024: Timnas Israel vs Timnas Swiss

"Saat tertinggal 0-2, saya coba mengubah beberapa hal, bermain dengan 2 striker. Kami menciptakan lebih banyak peluang untuk mencetak gol," tutur Santos.

"Setelah itu, Swiss hanya bertahan. Namun, mereka menciptakan peluang berbahaya di menit-menit akhir, saat kami bermain lebih hati-hati. Jika kami bisa mencetak gol, hasil pertandingan bisa berubah," lanjut mantan pelatih Yunani ini.

Portugal memang harus segera bangkit. Sebab, hasil ini membuat mereka terdampar sebagai juru kunci klasemen Grup B. Sedangkan Swiss mampu memimpin klasemen dengan 3 poin. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya