Gol Sensasional Pemain Tunanetra di Paralimpiade 2016

Pemain tunanetra mencetak gol sensasional di Paralimpide 2016
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Behzad Zdalisghar, mencetak gol sensasional untuk tim Iran, dalam pertandingan sepakbola Paralimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Gol ke gawang Maroko, itu disebut banyak netizen mengingatkan pada gaya pemain terbaik dunia Lionel Messi.

Top Trending: Mengenal Ponpes Tajul Alawiyyin, Penampilan Terkini Pemeran Utama The Godfather

Dilansir dari Mirror, Rabu, 14 September 2016, Zdalisghar membawa bola dari lapangan tengah, melewati empat pemain lawan sebelum menceploskan bola ke gawang. Fakta yang luar biasa, adalah Zdalisghar merupakan penyandang tunanetra.

Sementara, kiper lawan adalah pemain dengan penglihatan yang normal. Pertandingan itu memang khusus bagi orang-orang dengan penyandang disabilitas. Khusus untuk blind football, dimainkan oleh mereka yang mengalami keterbatasan dalam penglihatan.

Viral Tunanetra Nabrak Baliho Caleg yang Dipasang di Trotoar

Penutup mata digunakan seluruh pemain, karena tidak semuanya mengalami kebutaan total, jadi harus dipastikan mereka sepenuhnya tidak bisa melihat di lapangan. Hanya kiper dari kedua tim, yang memiliki penglihatan normal.

Kiper, juga pelatih dari kedua tim, yang meneriakkan instruksi pada para pemain, ke mana mereka harus bergerak. Bola yang digunakan juga dirancang khusus, dan mengeluarkan bunyi yang memungkinkan para pemain membaca pergerakan bola.

LPMQ Kementerian Agama Luncurkan Panduan Iqro'na untuk Belajar Al-Quran Braille
Raditya Arief mahasiswa disabilitas UI lulus cumlaude IPK 3,85 selama 3,5 Tahun

Raditya Arief, Mahasiswa Tunanetra Lulus Cumlaude UI dengan IPK 3,85

Raditya Arief Putrasetiawan berhasil membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mencapai cita-cita. Mahasiswa tunanetra ini lulus UI dengan cumlaude

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024