Ballon d'Or 'Bercerai' dengan FIFA

Trofi Ballon d'Or 2015
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Penghargaan Pemain Terbaik Dunia mulai tahun depan dipastikan tidak lagi memakai embel-embel Ballon d'Or. France Football selaku pemilik brand trofi bola emas itu telah mengakhiri kontrak dengan FIFA.

Sabet Pemain Terbaik FIFA, Lionel Messi Makin Tinggalkan Cristiano Ronaldo

Ballon d'Or diketahui menjalin kerja sama dengan FIFA mulai 2010. Presiden FIFA kala itu, Sepp Blatter menjalin kerja sama senilai 15 juta euro dengan majalah asal Prancis yang sudah memberikan penghargaan bergengsi terhadap pesepakbola terbaik sejak 1956 silam itu.

Enam tahun berjalan, kini Ballon d'Or kembali ke pangkuan France Football. Isu yang beredar, keputusan tersebut ada kaitannya dengan pergantian pucuk pimpinan FIFA, yang sekarang dijabat Gianni Infantino, seperti diberitakan AS.

Kontroversi Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Dinilai Lebih Layak dari Lionel Messi

Di bawah FIFA, Ballon d'Or menggunakan sistem voting dari jurnalis, kapten, dan pelatih timnas. Sayangnya, pihak France Football belum bisa memberi kepastian tentang metode pemilhan yang akan digunakan setelah resmi “bercerai” dengan FIFA.

Tercatat, selama merger dengan FIFA, Ballon d'Or hanya dikuasai dua pemain, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Mereka masing-masing menggondol empat dan dua trofi. (one)

Andil Indonesia Bikin Lionel Messi Kalahkan Haaland Sabet Pemain Terbaik FIFA
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi rayakan gol

Lionel Messi Pilih Erling Haaland, Berikut Pilihan Bintang Dunia di Pemain Terbaik FIFA 2023

Penghargaan pemain terbaik dunia FIFA baru saja digelar di Eventim Apollo, Hammersmith di London, Selasa dini hari WIB, 17 Januari 2024. Lionel Messi sukses terpilih.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024