'Cerai' dengan FIFA, Ballon d'Or Kembali Dipilih Jurnalis

Pemain Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann

VIVA.co.id – Penghargaan pemain Ballon d'Or akan kembali ke format aslinya. Nantinya pemain terbaik akan dipilih hanya oleh para jurnalis. Kembalinya ke format awal tidak terlepas dari berakhirnya kontrak kerja sama antara FIFA dan France Football. 

Sabet Pemain Terbaik FIFA, Lionel Messi Makin Tinggalkan Cristiano Ronaldo

France Football adalah pemilik dari brand trofi bola emas. Kerjasama antara FIFA dan France Fooball dimulai pada tahun 2015. 

Football-Italia melaporkan, France Football nantinya akan memegang penuh kendali dari pemilihan pemain terbaik di dunia itu. Saat menjalani kerjasama dengan FIFA, pemain terbaik dunia dipilih oleh jurnalis, pelatih dan kapten tim. 

Kontroversi Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Dinilai Lebih Layak dari Lionel Messi

Presiden FIFA kala itu, Sepp Blatter menjalin kerjasama dengan majalah asal Prancis itu sebesar 15 juta euro. Namun, seiring pergantian pemimpin di FIFA yang sekarang dijabat oleh Gianni Infantino, maka kerjasama berakhir. 

Ballon D'Or diciptakan pada tahun 1965, tahun yang sama dimana Liga Champions diciptakan. FIFA belum menjelaskan apakah mereka akan membuat penghargaan untuk pemain terbaik.

Andil Indonesia Bikin Lionel Messi Kalahkan Haaland Sabet Pemain Terbaik FIFA
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi rayakan gol

Lionel Messi Pilih Erling Haaland, Berikut Pilihan Bintang Dunia di Pemain Terbaik FIFA 2023

Penghargaan pemain terbaik dunia FIFA baru saja digelar di Eventim Apollo, Hammersmith di London, Selasa dini hari WIB, 17 Januari 2024. Lionel Messi sukses terpilih.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024