Aguero Gagal Penalti, Argentina Dipermalukan Paraguay

Pemain Paraguay merayakan kemenangan atas Argentina.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Paraguay sukses mempermalukan tuan rumah Argentina dengan skor 1-0 di Estadio Mario Alberto Kempes dalam laga kualifikasi Pra-Piala Dunia 2018 pada Rabu pagi WIB, 12 Oktober 2016. Derlis Gonzales mencetak gol di menit ke-18.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Sebenarnya Argentina berpeluang selamat dari kekalahan. Namun, Sergio Aguero menyia-nyiakan peluang menyamakan kedudukan setelah sepakannya dari titik penalti gagal menjebol gawang Paraguay.

Argentina, yang menderita hasil buruk dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2018 sebelumnya, berusaha menekan sejak awal pertandingan. Peluang didapat pada menit ketiga, dengan serangan yang dibangun dari sayap kanan. Tapi, disia-siakan oleh Sergio Aguero yang menjadi target umpan.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Enam menit kemudian Angel Di Maria memberikan ujian berat pada kiper Paraguay. Tendangan kerasnya mengenai Gustavo Gomez, sebelum meluncur deras ke arah gawang, yang semestinya bisa membingungkan kiper. Namun, Justo Villar melakukan penyelamatan luar biasa, karena bisa membaca arah bola dengan tepat.

Di menit 18, giliran penjaga gawang Argentina yang diuji oleh Paraguay dan gagal. Derlis Gonzales sukses memanfaatkan assist dari Angel Romero, untuk menaklukkan Sergio Romero. Tertinggal 1-0, skuat Edgardo Bauza yang tidak diperkuat Lionel Messi, tampak mulai meningkatkan serangan.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Namun, Paraguay bukan lawan yang ringan. Permainan disiplin tim Francisco Arce di lini belakang, dapat menunjang dengan baik strategi serangan balik mereka. Paraguay juga diuntungkan, oleh buruknya akurasi para pemain Argentina dalam melepaskan operan-operan.

Menit 25, Paraguay kembali memperoleh peluang dan Sergio Romero terlihat hampir melakukan blunder. Kiper Manchester United, itu gagal dalam upayanya memotong umpan silang, tapi beruntung bola masih bisa dihalau oleh bek Argentina.

Permainan Argentina sedikit membaik, dengan mengurangi umpan-umpan panjang yang mudah dipatahkan oleh Paraguay. Setidaknya dalam 20 menit hingga babak pertama berakhir, Paraguay terus menjaga garis permainan tetap di belakang.

Mereka bahkan bisa disebut hanya menumpuk para pemain di wilayah pertahanan, sambil menunggu kesalahan Argentina membuat kesalahan dan meluncurkan serangan balik. Kesabaran Paraguay hampir berbuah gol kedua di menit 40. Kesalahan Argentina dimanfaatkan Gonzales untuk membangun serangan balik.

Sayang, Angelo Romero menyia-nyiakan umpan bagus dengan kontrol bola yang buruk. Dua menit kemudian, Argentina akhirnya mendapat kesempatan masuk ke pertahanan Paraguay, tapi sepakan Gonzalo Higuain hanya menyasar langit, karena bola melayang jauh di atas mistar gawang.

Di babak kedua, gawang Villar terkoyak, namun gol yang terjadi pada menit 54 dinyatakan tak sah oleh wasit, karena pemain Argentina sudah dalam posisi offside. Masuknya Paulo Dybala pada menit 59 menggantikan Nicolas Gaitan, dapat menambah ancaman Argentina.

Aksi individu pemain Juventus itu di menit 78, membuat suporter Argentina menahan napas, sebelum menghembuskannya diiringi nada kecewa. Sepakan kerasnya mengenai tiang gawang, dan rekannya yang baru dibeli pada musim panas, Higuain, gagal merebut bola yang memantul.

Argentina punya peluang menyamakan kedudukan lewat titik putih di masa injury time. Namun striker Manchester City Sergio Aguero, kembali gagal menjadi eksekutor, membuat timnya harus menerima kekalahan di kandang.

Susunan Pemain:

Argentina: Sergio Romero, Javier Mascherano, Marcus Rojo, Martin Demichelis, Gabriel Mercado, Ever Banega (Lucas Pratto, 70), Mateo Musacchio, Angel Di Maria, Nicolas Gaitan (Paulo Dybala, 59), Sergio Aguero, Gonzalo Higuain.

Paraguay: Justo Villar, Cristian Riveros, Gustavo Gomez, Paulo Da Silva, Jorge Moreira, Junior Alonso Mujica, Miguel Almiron (Celso Ortiz, 68), Angel Romero (Hernan Perez,80), Juan Rojas (Bruno Valdez, 75), Derlis Gonzales, Oscar Romero.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya