Beli Pemain Kemahalan Jadi Tren Baru di Bursa Transfer

Bintang baru Barcelona, Ousmane Dembele
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Bintang anyar Barcelona, Ousmane Dembele, dianggap menjadi pemain di posisi dua teratas yang dibeli terlalu mahal dari nilai sebenarnya. Ini berdasarkan riset.

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Riset dilakukan oleh CIES yang melakukan perbandingan harga transfer pemain pada musim panas ini dengan nilai sebenarnya pemain tersebut di pasaran.

Penilaian harga pemain mengacu berdasarkan usia, performa, klub, posisi hingga detail kontrak. Dan faktanya, ada banyak pemain yang dibeli kemahalan pada musim panas lalu.

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

Dembele contohnya. Seperti dilansir Sport.es, Kamis 7 September 2017, dari riset CIES, Dembele seharusnya hanya memiliki harga jual sebesar 95,8 juta euro.

Namun, Barcelona membelinya dari Borussia Dortmund dengan harga 95,8 juta euro ditambah bonus 40 juta euro lebih. Hasilnya, Barcelona membelinya seharga 147 juta euro. 

Arsenal Terancam Kehilangan Sang Wonderkid

Sementara itu, pemain yang dianggap paling kemahalan di bursa transfer musim panas lalu adalah Kylian Mbappe. Dia pindah ke PSG dengan kesepakatan 180 juta euro.

Padahal, dari riset CIES, harga pemain asal Prancis berusia 18 tahun itu cuma 92,6 juta euro. Dengan demikian, PSG membayar cukup mahal pemain asal Monaco itu.

Fenomena berbeda justru terjadi dalam transfer Mohammed Salah dari AS Roma ke Liverpool. The Reds membelinya dengan harga di bawah harga pasaran pemain itu.

Mantan pemain Chelsea itu ditaksir memiliki nilai sebesar 69,4 juta euro. Namun, Liverpool berhasil mendapatkannya dengan harga 50 juta euro. (one)

Los fichajes con mayor sobrecoste, según CIES

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya