Siapa Mourinho Mini yang akan Gantikan Ancelotti di Bayern?

Pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann
Sumber :
  • REUTERS/Stoyan Nenov

VIVA.co.id – Mourinho Mini, itu julukan yang disematkan kepada pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann, yang disebut-sebut akan menggantikan Carlo Ancelotti di Bayern Munich. Lalu dari mana asalnya sebutan itu?

Penantian 120 Tahun, Ini 5 Fakta Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Musim 2023/2024

Yang pertama kali menjuluki yakni eks kiper Hoffenheim, Tim Wiese. Kala itu, Nagelsmann masih menjabat asisten pelatih, seperti dikutip Speigel.

Tak salah Wiese memberikan julukan tersebut. Jika menilik latar belakangnya, Nagelsmann memang punya kemiripan dengan Mourinho. Mereka sama-sama tidak memiliki pengalaman sebagai pemain mumpuni.

Prediksi Liga Champions: Bayern Munich vs Arsenal

Nagelsmann pernah tercatat sebagai penggawa FC Augsburg dan 1890 Munich. Sayangnya, dia tidak sekali pun diturunkan di laga kompetitf.

Karier Pelatih Terbaik Jerman 2017 itu sebagai pemain berhenti setelah dibekap cedera lutut serius, ketika masih tampil di level U-19. Masih punya hasrat pada sepakbola, dia lalu mengambil kuliah Sports Science dan mulai terjun sebagai pelatih.

Pastikan Gelar Bundesliga, Xabi Alonso Ingin Bawa Bayer Leverkusen Raih Treble Winner

Selanjutnya... Karier Melatih


Karier Melatih


Pada 2008, Nagelsmann mulai bekerja sebagai asisten pelatih 1860 Munich. Lalu, pada 2010, dia pindah ke Hoffenheim menangani tim U-17 lanjut ke U-19 pada 2013 dan berhasil mengantarkan timnya meraih gelar domestik.

Pada 2016, Nagelsmann dipercaya untuk menangani tim utama Hoffenheim. Kala itu, dia masih berusia 28 tahun dan merupakan pelatih termuda sepanjang sejarah Bundesliga. Dia menggantikan Huub Stevens yang mundur karena masalah kesehatan.

Tantangan besar dihadapi Nagelsmann pada awal kariernya sebagai pelatih tim utama. Hoffenheim kala itu berada di papan bawah dan terancam masuk jurang degradasi. Tapi, sentuhan emasnya berhasil menyelamatkan Die Kraichgauer.

Pada musim lalu, Nagelsmann membuat Hoffenheim lebih garang. Mereka berhasil finis di posisi 4 dan lolos ke kualifikasi Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah, meski akhirnya gagal karena ditumbangkan Liverpool di playoff.

Awal musim ini, Hoffenheim kembali menggeliat. Mereka sekarang duduk di posisi 2 klasemen sementara Bundesliga dan beberapa waktu lalu sempat menjungkalkan jawara bertahan, Bayern Munich. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya