Lisensi Klub AFC Tak Kunjung Memuaskan, Tim Khusus Dibentuk

Pemain Bhayangkara FC merayakan gol
Sumber :
  • Dok. Media Bhayangkara FC

VIVA.co.id – Federasi Sepakbola Asia (AFC) tampaknya sudah tidak sabar dengan mandeknya program lisensi yang mereka sedang jalankan. Tidak banyak yang bisa memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi klub AFC.

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Lisensi klub AFC juga menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh klub. Karena, itu merupakan syarat utama bagi mereka yang ingin mentas di ajang Liga Champions Asia atau Piala AFC musim depan.

Ada lima ukuran yang dipakai sebagai syarat lisensi klub AFC, yakni sporting (pembinaan), infrastruktur, personel, legal, dan finansial. Dari kelima aspek tersebut, ada 39 poin yang wajib dimiliki oleh klub.

Persib Bandung Hadapi Bhayangkara FC dalam Kondisi Pincang

AFC menerapkan syarat tersebut sebagai ukuran profesionalisme klub. Dan bukan soal mudah untuk bisa memenuhinya. Karena sadar dengan kesulitan yang dihadapi, akhirnya AFC bergerak membentuk sebuah tim.

Seperti dikutip dari laman resmi AFC, tim tersebut dinamai Task Force Club Licensing. Dibentuk di Kuala Lumpur, Malaysia, mereka nanti akan bergerak ke berbagai federasi di bawah naungan AFC.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

Mereka juga diminta untuk mengukur kemampuan klub-klub memenuhi syarat lisensi. Dan bukan tidak mungkin, Task Force Club Licensing memberi pengecualian kepada mereka yang belum bisa memenuhinya.

Di Indonesia, klub Liga 1 banyak juga yang mengalami kesulitan memenuhi standar lisensi. Salah satunya adalah Bhayangkara FC, yang diprediksi sulit memenuhi aspek legal.

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Hasil Liga 1 pada Kamis 28 Maret 2024 melibatkan dua pertandingan. Yang pertama adalah Persib Bandung vs Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024