5 Kandidat Potensial Pengganti Ventura di Timnas Italia

Eks pelatih Bayern Munich, Carlo Ancelotti, diisukan bakal latih Arsenal.
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA – Gian Piero Ventura secara resmi telah dipecat oleh federasi sepakbola Italia. Dia dicopot dari jabatannya sebagai pelatih kepala lantaran gagal membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018.

Kekurangan Real Madrid saat Menang Tipis Atas Mallorca

Dikutip Football Italia, masa bakti Ventura bersama Italia hanya berlangsung 18 bulan. Dia ditunjuk pada Juni 2016 untuk menggantikan Antonio Conte yang hijrah ke Chelsea.

Kegagalan ini tentunya menjadi "dosa besar" pria 69 tahun pada publik Italia. Sebab, ini menjadi kali pertama dalam 60 tahun La Nazionale gagal mentas di Piala Dunia.

Real Madrid Vs Man City, Urusan Antonio Ruediger dengan Erling Haaland Belum Selesai

Tentunya federasi sepakbola Italia harus bergegas untuk mencari pengganti Ventura. Berikut lima kandidat yang dinilai potensial untuk menjadi pengganti Ventura:

1. Carlo Ancelotti
Mantan pelatih AC Milan, Real Madrid, dan Bayern Munich ini muncul sebagai kandidat utama pengganti Ventura. Terlebih, dia kini sedang menganggur usai dipecat oleh Bayern.

Liverpool dan Bayern Munich Kena PHP, Xabi Alonso Tegaskan Bertahan di Bayer Leverkusen

Pengalamannya dalam hal melatih sudah tak perlu diragukan lagi. Dia selalu membawa tim yang dilatihnya meraih gelar juara.

2. Roberto Mancini
Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City ini menjadi kandidat alternatif yang cocok untuk melatih timnas Italia. Pengalamannya melatih dinilai sudah cukup banyak untuk menangani timnas.

Bak gayung bersambut, Mancini pun menyebut tak bisa menolak jika tawaran itu datang padanya. Satu penghalang bagi Italia hanya kompensasi yang harus dibayarkan untuk Mancini mengingat dia saat ini masih berstatus pelatih Zenit St. Petersburg.

3. Massimiliano Allegri
Pelatih yang saat ini menangani Juventus juga dinilai berpotensi menangani timnas Italia. Dia dikenal sebagai pelatih yang ambisius dan sudah membuktikannya bersama AC Milan dan Juventus.

Allegri juga pernah mengungkapkan niatnya untuk melatih Gli Azzuri. Tapi, kemungkinan dia baru bisa meninggalkan Juventus setelah musim ini berakhir.

4. Claudio Ranieri
Mantan pelatih Leicester City ini juga merupakan salah satu kandidat yang patut dipertimbangkan. Apalagi, pengalaman melatihnya tak bisa dianggap enteng.

Berusia tak jauh beda dengan Ventura, tapi dia lebih berpengalaman melatih tim-tim besar seperti Juventus, Inter Milan, AS Roma, Chelsea, dan Valencia. Prestasnya yang paling saat membawa Leicester juara. Bukan tidak mungkin dia bisa membangkitkan Italia dari keterpurukan.

5. Antonio Conte
Pelatih yang satu ini bukan nama baru di timnas Italia. Dia sebelumnya pernah menangani Gli Azzurri sebelum digantikan Ventura.

Pengalamannya melatih timnas menjadi modal kuat untuk bisa membangkitkan Italia. Apalagi, saat ini kondisinya bersama Chelsea dikabarkan sedang tak kondusif dan bisa dimanfaatkan oleh federasi sepakbola Italia untuk mengodanya kembali menangani timnas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya