Spanduk Raksasa Suporter Korsel Bikin Jepang Emosi

Spanduk suporter timnas Korea Selatan saat lawan Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Park Ji-ho/Yonhap

VIVAbola - Spanduk yang dibentangkan suporter Korea Selatan pada final Piala Asia Timur melawan Jepang, Minggu 28 Juli 2013, menyulut emosi sang lawan. Hubungan politik kedua negara kembali panas akibat spanduk provokatif tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters, pada laga yang digelar di Jamsil Stadium Seoul itu, puluhan ribu suporter tuan rumah membentangkan sebuah spanduk raksasa bertuliskan "Sebuah Negara yang Melupakan Sejarah Tidak Memiliki Masa Depan."

Ditahan Singapura di Kandang, Pemain Jepang Dicemooh Fans

Kalimat tersebut tampaknya menyindir Jepang yang melupakan zaman kolonial dan era Perang Dunia II. Saat itu, Negeri Matahari Terbit menindas masyarakat di semenanjung Korea sampai daratan China.

Hal itu pun disesalkan oleh pihak Federasi Sepakbola Jepang. "Saya berharap hal itu tidak terjadi pada saat ini. Sangat disayangkan," ujar Presiden JFA, Kuniya Daini, pada Kyodo News.

"Kami meminta Federasi Sepakbola Asia Timur untuk menginvestigasi masalah ini dan melakukan tindakan yang sesuai," lanjutnya.

Pihak Asosiasi Sepakbola Korea memilih bersikap diplomatis. "Kami masih menginvestigasi masalah ini. Kami belum memiliki pernyataan resmi saat ini," begitu pernyataan singkat KFA.

Menurut media Korsel, panitia pelaksana pertandingan sebenarnya sudah coba menghadapi aksi suporter garis keras tuan rumah tersebut, atau yang menamakan diri mereka "The Red Devils".

Spanduk yang menjuntai di salah satu tribun itu akhirnya bisa diturunkan jelang laga babak kedua bergulir. "The Red Devils" melakukan boikot dengan aksi diam sepanjang sisa pertandingan.

Pada laga tersebut, Jepang akhirnya bisa merebut gelar juara Asia Timur setelah menang tipis 2-1. Tim asuhan Alberto Zaccheroni itu memimpin turnamen empat negara itu dengan 7 poin. Posisi 2 diisi China dengan 5 poin, diikuti Korsel dan Australia.

Chelsea Bidik Gelandang Muda Timnas Jepang



Ini bukan kali pertama Jepang dan Korsel terlibat masalah akibat di lapangan hijau. Sebelumnya, pemain Korsel, Park Jong-woo mengangkat tulisan "Dokdo milik kami" saat timnya menangĀ  atas Jepang di perebutan medali perunggu Olimpiade 2012 London. Ini juga mengundang reaksi keras dari kedua negara. (one)

Timnas Singapura (merah)

Imbangi Jepang, Singapura Pede Hadapi Arsenal

Singapore Select XI akan menghadapi Arsenal di Barclays Asia Trophy.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2015