Menakar Kans Futsal Putri Indonesia di Kancah Internasional

Juara Piala AFF Futsal Antarklub 2016, JK Angels
Sumber :
  • viva.co.id / Riki Ilham Rafles

VIVA.co.id – Futsal putri Indonesia kini sedang dalam masa emas. Hal itu ditandai dengan raihan juara wakil Indonesia, yakni JK Angels di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2016 di Myanmar.

Ngeri, Timnas Indonesia Bantai Macau 12-0 di Kualifikasi Piala Asia Futsal

Pelatih JK Angels, Andre Picessa mengatakan, saat berlaga di Piala AFF Futsal Antarklub lalu, kekuatan tim-tim lawan sudah bisa dipetakan. Sebab, ada beberapa klub yang menggunakan sebagian besar pemain timnas masing-masing negara.

Untuk itulah, Andre menilai di 2 agenda internasional yang akan datang, Piala AFC dan SEA Games Malaysia 2017, peluang Indonesia meraih juara di futsal putri cukup besar. Dia pun berharap, tim asuhannya di JK Angels bisa dijadikan kerangka oleh pelatih yang akan menangani timnas.

Dukung Peningkatan Prestasi Futsal, Beasiswa Bakal Dibagikan ke Pemain Muda Berbakat

"Seandainya tim ini dipertahankan, saya kira jangankan SEA Games, di level internasional lain kita bisa bicara banyak," kata Andre kepada wartawan, Selasa 19 Juli 2016.

Menurut Andre, juru taktik yang akan dipilih menangani timnas kemungkinan hanya perlu menambah kekuatan sekitar 20 persen. Selain itu, pembenahan yang diperlukan lebih kepada kemampuan penyelesaian akhir dan peningkatan fisik.

Masa Depan Timnas Futsal Indonesia Menjanjikan

Ditemui terpisah, Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhi Prasetyo mengatakan baru akan mengumumkan pelatih timnas pada akhir Juli 2016 nanti. Sejauh ini ada 2 kandidat pelatih asing yang dipilih oleh pihaknya.

Pelatih asal Iran, Hossein Shams dan Victor Jacobus Herman asal Belanda ialah 2 nama yang masuk dalam nominasi FFI. Keduanya memiliki rekam jejak yang baik selama karier kepelatihan di dunia futsal.

Hossein memiliki pengalaman membawa timnas Iran 2 kali melenggang ke Piala Dunia Futsal. Sedangkan Victor mengantarkan Thailand ke Piala Duna Futsal 2012 serta meraih medali Emas SEA Games 2013 di Myanmar.

"Yang pasti pelatih asing. Calonnya sudah ada dan sudah dibahas. Semua setuju dengan 2 nama itu. Kami pilih pelatih yang pernah bawa timnas dari Asia lolos ke Piala Dunia" ujar Edhi.

Mereka yang terpilih akan menjalani rangkap jabatan. Sebab, Edhi ingin pelatih tersebut membesut timnas futsal putra, putri, dan timnas futsal U-20 sekaligus. Dan nantinnya, mereka diberi asisten pelatih yang berasal dari Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya