Selamat Datang, Chelsea!

Skuad Chelsea di Thailand
Sumber :
  • REUTERS/Athit Perewongmetha

VIVAbola - Pecinta sepakbola tanah air benar-benar dimanjakan dengan kehadiran klub-klub elit Premier League (EPL). Setelah Arsenal dan Liverpool, Indonesia akan dikunjungi Chelsea yang rencana akan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, siang hari ini.

Ya, Chelsea menjadi klub EPL ketiga yang menyambangi Indonesia. Sedangkan bagi Chelsea, Indonesia menjadi negara ketiga yang mereka pilih dalam tur Asia setelah dua negara tetangga lainnya, Thailand dan Malaysia.

Layaknya Arsenal dan Liverpool, tur Asia bertajuk 'Here to Play, Here to Stay' ini dianggap Chelsea sebagai sesi pematangan sebelum menyambut musim 2013/2014. Hal itu juga dibenarkan sang manajer The Blues, Jose Mourinho.

Setelah sukses mengalahkan Singha All-Star XI 1-0 di Thailand, dan menekuk Malaysia XI 4-1, Mourinho membidik kemenangan di Indonesia. "Saya senang karena tur ini bagian dari proses latihan kami. Tur ini penting bagi saya, dan juga pemain," kata Mourinho di situs resmi Chelsea.

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Dalam pertandingan melawan Indonesia All Star, Mourinho akan memberikan kesempatan kepada Demba Ba menjadi starter. Ironinya, mantan bomber Newcastle United ini menjadi salah satu pemain yang santer digosipkan akan hengkang dari Stamford Bridge.

"Pertandingan berikutnya di Jakarta, Demba Ba akan menjadi starter. Lukaku menjadi starter di dua pertandingan ini, dan Demba akan menjadi starter di Jakarta," ujar Mourinho seperti dikutip dari situs resmi Chelsea.

Rencana, pasukan London Barat ini akan berada di Indonesia selama tiga hari dari 23 hingga 25 Juli 2013. Dan selama itu, keberadaan Chelsea juga akan coba dimanfaatkan untuk menimba ilmu bagi pesepakbola tanah air khususnya bagi persiapan timnas.

Menurut Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husein, akan banyak manfaat yang diperoleh dari kedatangan tim-tim elit Eropa ini ke Indonesia.

"Dari datangnya tim-tim top Eropa yang datang ke Indonesia, saya harapkan akan ada penambahan kualitas dari para pemain. Selain itu, partai-partai menghadapi tim besar bisa menambah jam terbang para pemain kita," kata Djohar.

"Saya bersyukur, karena sudah 20 tahun sampai 2011 kita tidak kedatangan tim hebat. Kita berusaha mempromosikan indonesia sebagai industri sepakbola," lanjut Djohar.

Tak hanya itu, rencananya duel Indonesia All Star kontra Chelsea pada 25 Juli 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno akan disiarkan ke beberapa negara Eropa secara langsung, termasuk Chelsea TV. Hal itu diharapkan Djohar juga akan membantu mempromosikan para pemain Indonesia ke klub-klub Eropa.

"Selain itu pada 24 juli nanti Chelsea akan diresmikan sekolah sepakbola yang dikelola oleh Chelsea langsung dan berpeluang untuk para pemain muda kita untuk bisa memperkuat Chelsea kelak," harap Djohar.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

Indonesia All Stars sendiri cukup serius mempersiapkan duel kontra Chelsea ini. Pelatih Rahmad Darmawan memang memprioritaskan sejumlah pemain yang belum mendapat kesempatan tampil melawan Arsenal dan Liverpool. Syamsir Alam, Andik Vermansyah, Hamka Hamzah, Greg Nwokolo, Egi Melgiansyah dan Hendra Adi Bayauw terlihat mengikuti latihan.

"Untuk pemain yang telah menjalani pertandingan lawan Liverpool kami fokus memulihkan kondisi. Kami ingin menjaga kebugaran mereka. Kami akan membuat sebuah strategi sesuai dengan komposisi yang kami punya saat ini," ujar Rahmad Darmawan usai latihan.

Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'

RD sendiri juga telah menyiapkan strategi khusus dengan menempatkan lebih banyak pemain senior untuk menjaga pertahanan. Sedangkan lini tengah dan depan mayoritas akan diisi pemain dari tim U-23.

Chelsea Terancam Batal Tampil di SUGBK

Sayangnya, euforia pecinta sepakbola tanah air khususnya bagi pendukung Chelsea untuk menyambut tim kesayangannya bukan bersih dari ganjalan. Selain tak membawa beberapa pemain pilarnya dalam Tur Asia, beberapa masalah krusial juga menghadang.

Yang terkini yakni terancamnya duel Chelsea kontra BNI Internasional All Star. Kedua tim terancam tak dapat unjuk kebolehan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Perizinan menjadi kendalanya.

Awal permasalahan muncul setelah promotor My Event berpisah dengan BNI selaku sponsor utama. Padahal, kesiapan acara sudah 80 persen. BNI akhirnya memilih untuk menjalin kerja sama dengan promotor lainnya yakni Nine Sport.

"Kami hanya ingin kompensasi yang jelas dari BNI. Pihak kami sudah keluarkan banyak uang untuk biaya operasional, bayar keamanan, dan segala macam. Namun sampai hari ini belum ada tanggapan yang memuaskan," kata Tio selaku COO My Event.

"Saat ini, kontrak izin pemakaian stadion GBK masih tercatat atas nama kami. Tanggal 23 sampai 25, GBK sepenuhnya berada dalam kendali My Event. Jika mereka belum juga memberikan tanggapan, bisa saja kami menggunakan stadion pada tanggal 25 nanti untuk kegiatan lain. Tapi kami sejujurnya tak mau melakukan itu," lanjut Tio.

Pihak My Event sendiri telah memberikan waktu kepada pihak BNI untuk menyelesaikan permasalahan ini hingga pukul 11 siang WIB nanti.

Yang jelas, tentu akan sangat disayangkan jika kedatangan Chelsea ini harus terganjal ego dari dua pihak yang bertikai. Selain itu, kejadian ini dapat mencoreng nama Indonesia di mata dunia. Semoga ada solusi.....


Berikut Agenda Chelsea di Indonesia:

Selasa, 23 Juli 2013:
13.00 WIB: Mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma
14.00 WIB: Jumpa Pers di Hotel Grand Hyatt
18.00 WIB: Sesi latihan pertama Chelsea di SUGBK

Rabu, 24 Juli 2013:
10.00 WIB: Sesi Latihan kedua Chelsea di SUGBK
14.00 WIB: Coaching Clinic
Waktu belum ditentukan: Signing Session dengan pemain Chelsea

Kamis, 25 Juli 2013:
20.30 WIB: Pertandingan Chelsea vs All-Stars XI di SUGBK

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya