Menilik Pergerakan Transfer MU di Bawah Kendali Mourinho

Skuad Manchester United merayakan gol.
Sumber :
  • Reuters/Jason Cairnduff

VIVA.co.id –  Manchester United menyosong musim baru di bawah seorang manajer anyar pula, Jose Mourinho. Menarik, untuk menanti pergerakan transfer pemain Setan Merah di bawah manajer asal Portugal tersebut.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Manajer sekelas Mourinho, tentunya memiliki standarisasi sendiri perihal pemain yang pantas masuk dalam skuadnya. Meskipun skuad MU berisikan pemain bintang, bukan tak mungkin ada beberapa yang “ditendang” oleh Mourinho.

Seperti dilansir Daily Express, manajemen Setan Merah sendiri dikabarkan akan memberikan kuasa penuh terkait transfer pemain pada Mourinho. Mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid itu bebas membeli atau melepas pemain MU.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

The Special One disebut-sebut akan mendapat dana 200 juta poundsterling untuk mendapatkan pemain yang akan memperkuat timnya. Mourinho sendiri memang dipasang target tinggi di musim perdananya, seiring hasil yang kurang maksimal diraih Louis van Gaal di musim ini.

Beredar kabar bila Daley Blind dan Juan Mata, tidak masuk dalam rencana Mourinho. Mata sendiri merupakan pemain yang dilepas Mourinho ke MU,  saat masih menukangi The Blues pada 2014 silam.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Untuk Blind sendiri, bek asal Belanda itu disebut tak masuk kriteria bek idaman Mourinho. Seperti diketahui, manajer berusia 53 tahun itu menyukai bek yang berpostur tinggi, memiliki kecepatan, dan kuat dalam duel udara.

Walau dikabarkan bakal masuk dalam daftar jual MU pada bursa transfer nanti, Blind tetap menyatakan ingin bertahan di Old Trafford. Pemain timnas Belanda itu siap membuktikan diri dan bekerja sama dengan Mourinho.

"Saya akan bekerja dengan keras dan menunjukkan kemampuan terbaik. Mourinho adalah manajer yang sudah meraih berbagai macam prestasi dan saya ingin bekerja dengannya," kata Blind, seperti dikutip Daily Mirror.

"Mungkin, saya tak sebesar Pepe. Tapi, saya bisa menjaga area pertahanan dengan baik. Kami adalah klub yang paling sedikit kebobolan. Itu yang bisa dibanggakan dan saya ingin membuktikan kemampuan saya kepada Mourinho," sambungnya.

Legenda Manchester United Dwight Yorke memprediksi hanya ada empat pemain Setan Merah yang masa depannya di Old Trafford berstatus 'aman'. Sisanya terancam ditendang manajer anyar MU Jose Mourinho.

"Rata-rata performa mereka di bawah standar. Ada beberapa pemain yang entah bagaimana mereka bisa di sana. Tidak ada satu pun yang aman kecuali David De Gea, Anthony Martial, Marcus Rashford dan Wayne Rooney," kata Yorke, dilansir Tribal-Football.

Sudah Ada Penolakan

Meskipun tidak bermain di Liga Champions dan harus puas finis di peringkat lima klasemen akhir Premier League, bukan berarti MU tidak sepi dikaitkan dengan pemain besar.  Zlatan Ibrahimovic sebagai salah satu nama besar yang bakal didatang ke Old Trafford.

Tapi, striker yang habis kontraknya di Paris Saint-Germain, itu justru mengisyaratkan bakal menolak Setan Merah. Bicara pada suporternya di kampung halaman, saat pemanasan jelang laga persahabatan Swedia vs Slovenia.

 Ibrahimovic mengatakan bakal bermain di klub lamanya lagi di Swedia, dia mengatakan mereka harus menunggunya, untuk pulang ke Malmo. Mantan pemain AC Milan dan Barcelona itu mengaku sangat cinta dengan Malmo.

"Saya mencintai Malmo dan berharap bisa bermain lagi (untuk Malmo) hari ini. Saya minta maaf untuk itu, tapi saya akan, tunggu saja saya," kata Ibrahimovic, yang dikutip dari Sunsport, Selasa 31 Mei 2016.

Isu kepulangannya ke Malmo, semakin diperkuat pernyataan Mino Raiola. Agennya itu mengatakan orang-orang hanya mengaitkan kliennya dengan Manchester United, tapi tujuan yang dipilih Ibrahimovic disebutnya bakal mengejutkan.

Kemudian ada Karim Benzema, gelandang Real Madrid yang pernah kerjasama dengan Mourinho di Santiago Bernabeu. Meskipun memuja Mourinho, pemain asal Prancis itu mengaku masih belum kepikiran untuk pergi dari Los Blancos.

"Saya selalu katakan, saat ini saya berada di klub terbaik di dunia, dengan stadion megah dan fans fantastis, dan saya bermain bersama pemain-pemain terbaik. Saya tak berencana bermain untuk tim lain," ujar Benzema, dilansir The Sport Review.

"Ini adalah puncaknya. Di luar sana, banyak klub hebat yang menawarkan uang yang besar, tetapi saya tidak seperti itu. Saya cinta sepakbola, dan saya sudah berada di tempat yang tepat," sambungnya.

Sementara itu, isu kepulangan Cristiano Ronaldo ke MU dan reuni dengan Mourinho sudah dimentahkan oleh sang manajer sendiri. Dia mengatakan tidak akan membawa pemain asal Portugal dalam skuadnya di musim mendatang.

Bagaimana Nasib Pemain Muda?

Sejauh ini, nasib Marcus Rashford di MU bisa dibilang cukup aman karena baru saja diperpanjang kontraknya hingga 2020. Pemain berusia 18 tahun itu memang tampil apik di bawah asuhan Van Gaal, hingga membuatnya berhasil masuk skuad timnas Inggris untuk Piala Eropa 2016.

Legenda sepakbola asal Belanda, Frank De Boer,  menyebut bila Mourinho adalah manajer bertipikal tidak suka memberikan kesempatan bermain untuk para pemain muda. Mantan manajer Porto itu adalah tipe yang gemar mendatang pemain yang berpengalaman.

"Rashford kini menunjukkan kelasnya dan dia dipanggil ke tim nasional. Dia akan bersinar. Tapi mungkin Mourinho akan berpikir 'Oke, Rashford pemain bagus, tapi saya butuh pemain berpengalaman untuk mendampinginya'. Lalu pemain berpengalaman itu akan main, dan Rashford tidak," kata De Boer, dilansir Daily Mail.

Walau begitu, dia juga mengakui bila kinerja Mourinho cukup baik dan cukup bertindak sempurna untuk timnya. Meskipun, terkadang tidak bermain dengan cantik, tapi Mourinho tahu caranya untuk meraih kemenangan.

"Satu-satunya hal yang saya khawatirkan adalah efek pada pemain akademi. Fans pasti suka melihat pemuda mereka binaan klub. Dan itu adalah risiko ketika Anda mengambil Mourinho," De Boer menambahkan.

Sentuhan tangan dingin manajer asal Portugal ini sangat diharapkan oleh pemain muda MU, Ashley Fletcher. Pemain berusia 20 tahun itu saat ini tengah menjalani masa peminjaman bersama klub Divisi Dua (League One), Barnsley.

Bersama Barnsley, Fletcher tampil cukup impresif dengan mencetak enam gol dari 23 penampilan. Bukan hanya itu, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini juga berhasil membawa Barnsley naik kasta ke Divisi Satu (Championship).

Tampaknya, Fletcher terinspirasi oleh beberapa pemain muda MU yang tampil impresif di musim debut bersama skuad inti Setan Merah. Cameron Borthwick-Jackson, Timothy Fosu-Mensah, dan yang paling fenomenal, Marcus Rashford.

"Saya berpikir beberapa dari kami para pemain muda mungkin bisa melakukan pekerjaan untuknya (Mourinho). Tapi, Manchester United adalah klub besar dan memiliki banyak uang untuk bersaing memperebutkan gelar Liga Inggris," kata Fletcher,  yang sudah mencetak 9 gol dari 29 laga, dilansir Squawka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya