Jangan Anggap Remeh Timnas Indonesia!

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol Irfan Bachdim (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Timnas Indonesia memang hanya memetik hasil imbang dalam laga uji coba kedua, kontra Vietnam. Tim Garuda bermain seri saat menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu 9 Oktober 2016.

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Meski hanya memetik hasil imbang, performa Boaz Solossa cs cukup menjanjikan. Dalam laga ini, Indonesia memang lebih dulu tertinggal dua gol cepat yang dibuat Vietnam hanya dalam kurun waktu 12 menit.

Akan tetapi, dengan semangat dan mental yang dimiliki, Indonesia kemudian mampu mencetak dua gol hanya dalam kurun waktu satu menit saja. Adalah Zulham Zamrun dan Irfan Bachdim yang menggagalkan kemenangan Vietnam dalam laga ini, berkat dua gol yang dicetaknya.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Hasil imbang ini membuat Indonesia belum terkalahkan dalam dua laga uji coba, dalam persiapan menuju Piala AFF 2016, November-Desember mendatang. Hasil ini jelas jadi modal cukup positif bagi Indonesia, di ajang tertinggi sepakbola negara-negara Asia Tenggara itu.

Sebelumnya, Indonesia sukses menggasak seteru abadi, Malaysia, dalam laga uji coba, September lalu. Saat itu, Indonesia sukses menghantam armada Harimau Malaya dengan skor telak 3-0.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Selanjutnya

Mental Baja dan Sosok Berbahaya

Mental Baja dan Sosok Berbahaya

Terlepas dari hasil imbang yang diraih Indonesia dalam laga kontra Vietnam, pasukan Alfred Riedl dinilai punya mental yang cukup kuat. Hal ini diutarakan langsung oleh pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang.

Indonesia tetap tampil agresif meskipun sudah tertinggal dua gol cepat Vietnam di babak pertama. Huu Thang begitu terkesan melihat semangat tempur dan mental baja yang ditunjukkan Indonesia sehingga bisa mengejar ketinggalan.

Terkejutnya Huu Thang tak lepas dari kemenangan yang ditorehkan timnya kala menggasak tim kuat, Korea Utara, dalam laga uji coba sebelumnya. 

"Kedua tim bermain bagus, dan kami sangat mengapresiasi para pemain Indonesia. Mereka punya mental kuat dan tak pantang menyerah. Buktinya, kami sempat unggul, tapi mereka bisa menyamakan kedudukan. Padahal, saya sudah menurunkan komposisi terbaik dalam laga ini." ujar Huu Tang dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Selain itu, Huu Thang juga mengatakan harus mewaspadai tiga pilar utama Indonesia: Boaz Solossa, Irfan Bachdim, dan Andik Vermansyah. Sebab, Vietnam akan kembali jumpa dengan Indonesia di Hanoi, dalam laga uji coba selanjutnya pada 8 November 2016 mendatang.

"Ada tiga pemain Indonesia yang menurut saya sangat baik. Nomor 7 (Boaz), nomor 17 (Bachdim), dan 21 (Andik). Kami akan kembali beruji coba dengan Indonesia di Vietnam. Kami tunggu mereka, dan kami yakin lebih siap di laga nanti," kata Huu Thang.

Kurang Beruntung

Kurang Beruntung

Jika bintang Timnas Indonesia, Andik Vermansyah, mengatakan cukup puas dengan hasil imbang ini, hal ini tampaknya tak berlaku bagi Riedl. Pelatih asal Austria ini mengatakan jika keberuntungan sedang tak berpihak pada timnya.

Riedl tahu betul jika pasukannya mampu mendominasi pertandingan setelah mampu mengejar defisit angka dalam laga kontra Vietnam. Meskipun Riedl mengakui juga jika timnya lambat tampil agresif, yang berakibat dua gol cepat bagi sang lawan.

"Kami mampu bangkit dan menyamakan kedudukan. Di babak kedua, kami lebih menguasai pertandingan. Kalau kami lebih beruntung sedikit saja, kami pasti bisa memenangkan pertandingan," ujarnya.

Dengan kualitas yang dimiliki Vietnam, Indonesia bisa mengambil banyak pelajaran dalam laga ini. Sebab, di Grup A Piala AFF 2016 nanti, Indonesia akan berhadapan dengan para lawan yang juga memiliki skuat yang diisi oleh pemain cepat. Thailand, Singapura, dan Filipina, memiliki karakter yang mirip dengan apa yang ditampilkan Vietnam.

Meski Vietnam tak berada satu grup dengan Indonesia, Riedl mengakui pasukan Nguyen Huu Thang punya kualitas jauh di atas Malaysia. Sebab, Riedl sukses mengantar timnya menang telak 3-0 atas Malaysia dalam laga uji coba sebelumnya.

"Saya rasa laga ini jauh lebih sulut daripada saat melawan Malaysia. Tidak cuma karena kondisinya, tapi Vietnam secara kualitas lebih baik (dari Malaysia). Saya akui, para pemain tampil lambat di awal babak pertama. Akibatnya, kami kebobolan dua gol dengan sangat cepat. Hasil imbang yang cukup adil, karena pemain mengawalinya dengan lambat," kata Riedl dalam rilis yang diterima VIVA.co.id. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya