Efek Domino Bursa Transfer Musim Panas

Bintang PSG, Neymar Jr.
Sumber :
  • REUTERS/John Schults

VIVA.co.id – Bursa transfer musim panas 2017/2018 berkali-kali memunculkan kabar mengejutkan. Pemecahan rekor transfer dunia oleh Neymar menjadi salah satu yang menghebohkan pemberitaan.

Penyerang Real Madrid Tolak Pinangan Liverpool

Pemain asal Brasil tersebut dibeli Paris Saint-Germain dari Barcelona dengan harga Rp3,4 triliun. Harga yang amat fantastis, sekaligus memaksa banyak pihak memberi respons keras.

Keberanian PSG menebus klausul kontrak Neymar dianggap bakal merusak harga pasaran pesepakbola. Harga jual akan semakin tinggi, sehingga tidak sehat bagi industri ke depannya.

Real Madrid Bidik Penyerang Usia 18 Tahun dengan 20 Gol

"Angka-angka yang terlihat hari ini melibatkan gairah, harga diri, dan minat publik, dan anda jadi tidak bisa lagi berpikir secara rasional. Anda tidak bisa membenarkan investasi, itu tidak biasa untuk permainan ini," tutur manajer Arsenal, Arsene Wenger, dikutip dari Independent.

Kedatangan Neymar tidak cuma merusak tatanan industri sepakbola seperti yang diucapkan Wenger. Tetapi juga membuat harmonisasi internal PSG jadi tidak menentu.

Ada Peluang Xavi Hernandez dan Cruyff Reuni

Salah satu pemain yang menjadi korban Neymar adalah Julian Draxler. Pemain berusia 23 tahun itu baru satu musim bermain untuk Les Parisiens, namun kenyamanan di skuat utama bakal terusik.

Berposisi sama dengan Neymar, tentu dia harus rela dijadikan pelapis. Arsenal menjadi klub yang erat dikaitkan bakal menampung pemain asal Jerman tersebut.

Kabarnya, The Gunners siap menebus Draxler dengan harga Rp553 miliar. Mendengar kabar tersebut, Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew mengaku tidak mempercayainya.

"Draxler membuat langkah besar di PSG. Saya percaya dia tidak akan hengkang, karena di sana memiliki peran besar," kata Loew, seperti dikutip Metro.

Selanjutnya... Ancaman Bocah 20 Tahun Milik Barcelona

Ancaman Bocah 20 Tahun Milik Barcelona

Kehilangan Neymar membuat Barcelona mesti mencari pengganti yang sepadan. Sebelumnya mereka telah memiliki Gerard Deulofeu. Namun sepertinya mereka belum puas.

Alhasil, manajemen klub asal Catalan membuat gebrakan. Mereka menggaet Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan harga fantastis mencapai Rp1,6 triliun.

Beroperasi di sisi sayap penyerangan, kedatangan Dembele bakal mengancam kenyamanan Deulofeu dari tim utama Barcelona. Persaingan keduanya bakal sengit, mengingat satu tempat dipastikan jadi milik Lionel Messi.

Dengan ekspektasi tinggi, Dembele enggan jemawa. Dia tidak ingin dianggap sebagai pengganti Neymar, karena pendahulunya tersebut merupakan salah satu pemain terbaik di dunia.

"Saya tidak dalam tekanan saat ini. Bursa transfer memang sedikit gila, tapi saya akan melakukan dengan baik tugas saya di Barcelona," kata Dembele, seperti dilansir FourFourTwo

"Saya tidak akan memikirkan hal lain. Saya tidak sabar untuk menunjukkan performa terbaik, tujuan saya adalah belajar dari yang terbaik, yaitu Suarez dan Messi," imbuhnya.

Performa Dembele bersama Dortmund musim lalu terbilang gemilang. Dia dipercaya tampil dalam 32 pertandingan dan mencetak enam gol di ajang Bundesliga.

Selanjutnya... Ujung Tombak Chelsea

Ujung Tombak Chelsea

Chelsea menjadi tim yang sibuk mencari sosok striker anyar. Penyebabnya tak lepas dari perselisiha  antara sang manajer Antonio Conte dengan Diego Costa.

Juru taktik asal Italia tersebut sudah tidak ingin Costa berada dalam tim besutannya. Akhirnya dia mendatangkan Alvaro Morata dari Real Madrid.

Di awal Premier League 2017/2018, rupanya Morata belum mampu membuatnya puas. Kabar terakhir, Conte berupaya mendatangkan Fernando Llorente.

Kabar ini ternyata membuat striker muda Chelsea, Michy Batshuayi panik. Dia merasa andai Llorente benar-benar datang, kesempatannya untuk bermain mejadi semakin kecil.

Eden Hazard yang mengungkap kekhawatiran Batshuayi tersebut. Masih berusia 23 tahun, pemain asal Belgia itu tentu butuh menit bermain banyak agar pengalamannya bertambah.

"Jika ingin maju, dia harus bermain. Saya tidak tahu apakah Llorente akan datang. Tapi, jika kami punya Llorente, Morata, dan dia, situasinya akan sulit," katanya, dilansir Metro.

Hazard menyoroti bagaimana pentingnya peranan Batshuayi selama pramusim untuk Chelsea. Tetapi, ketika Morata datang, dia justru menjadi penghuni bangku cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya