Ada Peluang Piala Dunia 2018 Tanpa Ronaldo dan Messi

Kapten tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • REUTERS/Carl Recine

VIVA.co.id – Piala Dunia sejatinya menjadi panggung terakbar sepakbola. Selain merupakan pertaruhan harga diri negara, itu juga kesempatan buat para pemain unjuk kemampuan.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Mereka yang berstatus bintang ingin membawa negara masing-masing merengkuh trofi paling berharga di kancah sepakbola itu, sekaligus menambah mengkilap catatan prestasi serta kariernya.

Bermain di Piala Dunia, apalagi menjuarainya, adalah mimpi seluruh pemain. Jadi tidak heran juga bila semua rela mati-matian memburu tiket.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Namun apa jadinya bila para pemain yang terlanjur tenar malah gagal terbang ke Rusia tahun depan? Kemungkinan itu sekarang cukup terbuka.

Sebut saja Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Gianluigi Buffon, ketiganya sampai sekarang belum mendapat jaminan bermain di Piala Dunia 2018.

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Belum Ada Jaminan

Tak lengkap rasanya bila menyaksikan Piala Dunia nanti tanpa kehadiran Timnas Portugal dan Ronaldo. Tapi sejauh ini, kemungkinan tersebut sangat terbuka.

Bergabung di Grup B babak kualifikasi Zona Eropa, Portugal yang sudah tampil dalam delapan laga, hanya duduk di posisi dua. Mereka kalah dari sang pemuncak Swiss.

Memang kesempatan lolos secara langsung masih ada. Seleccao bisa menyalip rivalnya di dua pertandingan sisa, khususnya di partai terakhir ketika kedua tim berhadapan secara langsung.

Namun skenario buruk bisa juga terjadi. Portugal gagal mengkudeta Swiss dan hanya finish kedua, sehingga mereka harus tampil di play off. Lalu dia partai penentuan mereka justru tumbang.

Kondisi hampir mirip dialami kiper veteran Gianluigi Buffon bersama Timnas Italia. Mereka sekarang tinggal berharap Spanyol yang menjadi pemuncak Grup G tiba-tiba terpeleset di dua partai sisa, demi bisa menyalip dan mengondol tiket lolos langsung ke Rusia.

Bila tak kesampaian, Buffon memang masih bisa memanfaatkan partai play off. Tapi bukan tak mungkin mereka bertemu lawan berat pada laga itu, sehingga tetap muncul kekhawatiran mereka gagal lolos.

Hal lebih buruk justru dialami Messi. Persaingan ketat di zona Amerika Latin membuat Timnas Argentina mungkin gagal.

Argentina saat ini menempati posisi lima klasemen sementara dengan raihan 24 poin dari 16 laga. Mereka hanya mendapatkan enam kemenangan, enam hasil imbang dan empat kali kalah.

Memang masih ada kesempatan mereka memperbaiki posisi dan meraih tiket ke Piala Dunia, tapi tidak pula menutup kemungkinan mereka justru gagal total. Sebab persaingan sangat ketat karena tujuh tim masih sama-sama punya peluang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya