Piala Dunia Klub 2017, Hegemoni Madrid dan Dominasi Ronaldo

Dua bintang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA – Gelaran Piala Dunia Klub 2017 sudah mulai digelar sejak 6 Desember 2017.  Ada tujuh tim terbaik dari enam benua berbeda, yang ikut adu gengsi dalam laga ini. Saat ini, Piala Dunia Klub 2017 sudah memasuki partai final. Jawara Eropa, Real Madrid, akan berhadapan dengan juara Copa Libertadores 2017, Gremio.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Madrid yang  berstatus sebagai wakil Eropa, langsung masuk babak semifinal. Laju Cristiano Ronaldo tak terbendung menuju final, usai mengalahkan wakil tuan rumah, Al-Jazira 1-0, dalam laga di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, 13 September 2017 lalu.

Pun dengan Gremio, wakil CONMEBOL juga memulai petualangan di ajang ini sejak babak semifinal. Langkah Gremio menuju partai puncak juga mulus, usai mengalahkan wakil CONCACAF, Pachuca, dengan skor tipis 1-0, dalam laga di Hazza bin Zayed Stadium, Al-Ain, 12 Desember 2017.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Target menang jelas diusung kedua tim. Madrid berambisi besar menyamai rekor seteru abadi, Barcelona, yang sudah tiga kali menjuarai gelaran Piala Dunia Klub. Tercatat, Madrid baru meraih dua gelar di ajang ini pada 2014 dan 2016. Sementara Barcelona, meraih gelar juara pada 2009, 2011, dan 2015.

Pun dengan Gremio. Pasukan  Renato Portaluppi, akan mencatat sejarah meraih gelar juara Piala Dunia Klub pertama sepanjang 114 tahun klub ini berdiri. Syaratnya, skuat berjuluk Imortal Tricolor harus bisa menjinakkan beringasnya armada Zinedine Zidane.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Duel Madrid kontra Gremio, akan digelar pada 16 Desember 2017 di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi. Andai mampu menjuarai Piala Dunia Klub 2017, Madrid tak cuma menyamai rekor juara Barcelona. Armada Los Blancos juga bisa jadi tim pertama yang bisa menjuarai gelaran ini secara beruntun.

Buta Kekuatan Lawan

Meski jadi yang terfavorit untuk menjadi juara Piala Dunia Klub 2017, Madrid justru tak banyak pengetahuan soal calon lawannya. Zidane mengakui, ia tak tahu sama sekali perkembangan sepakbola Brasil.

Cukup wajar memang. Sebab, saat membawa Madrid juara Piala Dunia Klub tahun lalu, Zidane menghadapi lawan yang bukan berasal dari Brasil. Tahun lalu, Madrid mengalahkan wakil asia, Kashima Antlers. Sementara pada 2014, Madrid berhadapan dengan wakil Argentina, San Lorenzo.

Namun demikian, Madrid tetap saja bisa dikatakan lebih unggul dalam hal kualitas pemain. Sederet nama besar semisal Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema, bisa jadi ancaman besar bagi Gremio. 

"Saya tidak tahu dengan baik liga Brasil," ujar Zidane usai Real Madrid menekuk Al-Jazira, seperti dilansir laman olahraga Spanyol, Marca.

"Tapi, saya melihat aksi mereka (Gremio) di semifinal. Mereka tim bagus dan kami harus menaikkan level permainan untuk mengalahkan mereka," katanya.

Samai Rekor Seteru Abadi

Selain peluang menyamai rekor gelar juara Barcelona, Piala Dunia Klub 2017 juga akan jadi ajang persaingan antara Ronaldo dan megabintang Barcelona, Lionel Messi. Barcelona memang tak ada di ajang ini, namun nama Messi sudah mencatat namanya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia Klub.

Dalam tiga gelaran Piala Dunia Klub, Messi mampu mencetak lima gol, menyamai catatan bintang Monterrey, Cesar Delgado, dan rekan satu tim, Luis Suarez.

Namun, catatan Messi dan Delgado akhirnya bisa dipatahkan Ronaldo, setelah golnya ke gawang Al-Jazira di laga semifinal. Gol tersebut jadi yang keenam bagi Ronaldo di ajang, dan melewati pencapaian Messi serta Delgado.

Catatan gol Ronaldo bisa saja bertambah, andai dalam laga final nanti eks bintang Sporting Lisbon dan Manchester United ini bisa mencatatkan namanya kembali di papan skor.

Meski sudah mematahkan rekor Messi, Delgado, dan Suarez, Ronaldo sepertinta tak memikirkan itu. Ia hanya ingin timnya bermain dengan skuat terbaik, serta fokus untuk membawa timnya juara.

"Saya menginginkan skuat yang lengkap, bukan hanya Karim dan Gaz (panggilan Bale). aya senang tidak ada cedera, ini pertanda positif, isyarat kami semua solid dan skuat dalam kondisi bagus," kata Ronaldo kepada beIN Sports.

"Saya pernah mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia Antarklub bersama Real Madrid, juga dengan Manchester United. Saya suka kompetisi ini. Yang saya inginkan adalah menang dan jika memungkinkan mencetak gol dan membantu tim juara," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya