Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Keras pada Suporter Persib

Bus pemain Persib diserang sejumlah orang
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAbola - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, melarang suporter Persib Bandung untuk menghadiri laga tandang klub kesayangannya selama satu tahun. Keputusan itu merupakan buntut dari kericuhan yang terjadi dalam pertandingan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 28 Agustus 2013 lalu.

Dalam laga tersebut, wasit harus menghentikan jalannya pertandingan sebanyak tiga kali. Pada menit 17, terjadi kericuhan antar suporter di tribun selatan. Suporter Persib yang memaksa masuk melalui jalur tersebut dianggap telah menyulut emosi dari para pendukung Persija sehingga keributan tidak bisa dihindarkan.

Di babak kedua, sang pengadil harus menghentikan jalannya laga sebanyak dua kali, di menit 61 dan 72. Ketika itu, para suporter melakukan aksi pelemparan benda-benda keras ke dalam lapangan yang bisa mengancam keselamatan para pemain.

Atas fakta ini, pihak Komdis pun harus mengambil tindakan tegas. Sesuai dengan Kode Disiplin PSSI pasal 75 ayat 7, suporter Maung Bandung dilarang untuk menghadiri laga tandang selama satu tahun, terhitung sejak Rabu 11 September 2013 ini.

"Mereka (suporter Persib) terbukti memancing keributan. Maka dari itu kami hukum mereka dengan larangan menghadiri laga tandang klub kesayangan mereka selama 12 bulan," jelas Ketua Komdis, Hinca Panjaitan.

"Selain suporter, Persib juga dihukum dengan denda Rp50 juta," sambungnya pada jumpa pers hari Rabu, 11 September 2013, di kantor PSSI.

Panitia Pelaksana Pertandingan Persija pun tidak luput dari hukuman. Menurut Hinca, mereka tidak bisa mengatur kondisi keamanan sepanjang pertandingan. Dan sesuai dengan pasal 73 dan 74 Kode Disiplin PSSI, Panpel Persija dijatuhi denda sebesar Rp50 juta.

Pihak Komdis memberikan kesempatan kepada mereka yang dijatuhi hukuman untuk melakukan banding. Paling lambat, permohonan banding ditunggu dalam waktu 2 minggu ke depan.

Dua Pemain Persib Bakal Diperiksa

Pihak Komdis hingga saat ini belum bisa memberikan keputusan mengenai kasus berbau rasisme yang menimpa salah satu pemain Persib, Mbida Messi.

Menurut Hinca, pihaknya masih kekurangan data dan bukti untuk menjerat oknum yang melakukan tindakan rasial kepada Messi dengan menawarkan pisang ketika laga klasik melawan Persija di Sleman.

"Buktinya masih belum cukup. Kami butuh bukti untuk melakukan tindakan, maka dari itu pekan depan Jajang dan Messi akan kita panggil," kata Hinca.

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong
Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016