Polemik KITAS Essien dan Cole, BOPI Lapor Imigrasi

Pemain Persib Bandung, Michael Essien
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Ali Wafa

VIVA.co.id – Polemik Kartu Izin Tinggal Terbatas yang belum dikantongi dua pemain mahal Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, berbuntut panjang. Badan Olahraga Profesional Indonesia berniat melaporkan masalah ini ke Direktorat Jenderal Imigrasi.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

BOPI menilai turunnya Essien dan Cole di laga antara Persib versus Arema FC, Sabtu 15 April 2017, telah melanggar kesepakatan. PT Liga Indonesia Baru, dianggap BOPI, sudah mengabaikan keputusan yang tertuang dalam MoU saat mengeluarkan rekomendasi izin pertandingan.

"Saya sudah pesan dan wanti-wanti ke PT LIB, agar tak menurunkan pemain asing yang belum punya KITAS. Itu kesepakatan yang kami setujui bersama. Tapi, di laga ini sepertinya melanggar kesepakatan," kata Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

"Kami akan laporkan masalah ini ke Ditjen Imigrasi. Semoga mereka mau menindak kasus ini," lanjutnya.

Terkait masalah ini, Chief Operation Officer PT LIB, Tigorshalom Boboy, angkat bicara. Tigor menyatakan sampai sekarang KITAS pemain asing yang tampil di Liga 1, termasuk Essien dan Cole, masih dalam proses melengkapi.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Setidaknya, menurut Tigor, butuh waktu satu bulan bagi Essien dan Cole untuk melengkapi dokumen keimigrasian.

"Coba cek di imigrasi. Tanya saja, pasti itu butuh proses, setidaknya butuh waktu sebulan. Bukan sembarangan. Setidaknya, kami sudah pegang data izin masuk ke Indonesia," ujar Tigor.

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak memberikan pujian atas pencapaian Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024