Ketua Jakmania: Perdamaian dengan Bobotoh Tak Boleh Instan

Perwakilan suporter dan PSSI diundang bertemu di Kemenpora
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA.co.id – Inisiasi pertemuan antarsuporter sepakbola Indonesia, disambut baik berbagai pihak. Salah satunya The Jakmania.

Ditekuk Persib, Kapten Persija Jakarta Minta Maaf ke Jakmania

Ketua The Jakmania, Ferry Indra Syarif menjadi orang yang paling antusias menyambut acara yang diinisiasi oleh Kemenpora ini.

Seperti diketahui, The Jakmania jadi salah satu massa suporter yang sering terlibat bentrok. Seterunya, siapa lagi kalau bukan Bobotoh, suporter fanatik Persib Bandung. Tak jarang, bentrokan anggota keduanya menyebabkan korban jiwa.

Panpel Arema FC Larang Jakmania Datang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta

Ferry yang kembali menduduki posisi Ketua Jakmania, mencoba berbagai hal untuk bisa melakukan perdamaian dengan Bobotoh. Inisiasi Ferry ini ternyata mendapat respons positif dari pihak Bobotoh dan Viking.

Ferry menceritakan juga bagaimana ia mencoba untuk datang ke Bandung dan berdialog dengan para petinggi suporter Persib. Hasilnya, respons banyak suporter kedua belah pihak begitu positif dan sangat cepat. Namun demikian, Ferry justru tak ingin proses ini berjalan instan.

Tak Hanya Bobotoh dan Jakmania, Aremania dan Bonek Juga Ramaikan Kampanye Anies Baswedan di JIS

Menurutnya, harus ada proses panjang yang akan mendamaikan kedua belah pihak dan akan terjaga dalam waktu yang lama.

"Saya pakai cara saya untuk mencoba itu. Saya berhubungan baik dengan semua pengurus Bobotoh dan Viking. Saya berkunjung ke sana secara informal, diam-diam saja tak ada konfirmasi ke mana pun. Hasilnya, Alhamdulillah semuanya respect," kata Ferry kepada wartawan.

"Tapi, saya sebenarnya tak ingin hasilnya secepat ini. Karena, semua yang instan itu hasilnya enggak bagus. Tapi, saya menghormati semua pihak. Yang jelas saya meminta semua pihak, biarkan perdamaian ini berjalan dengan prosesnya," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya