Yel-yel Dukungan untuk Persib Bisa Berujung Sanksi

Bobotoh Persib Bandung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Laga Persib Bandung melawan PS TNI di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Sabtu 5 Agustus 2017 kembali memicu polemik. Penyebabnya sanksi Komisi Disiplin PSSI yang memunculkan tafsiran berbeda.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Bahkan, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmyadi mengatakan, Persib dihukum tampil tanpa penonton. Namun, manajemen Maung Bandung bersikeras dengan tafsiran mereka, dan tetap nekat menjual tiket pertandingan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria coba memberi penjelasan. Menurutnya, sanksi yang diberikan lebih kepada suporter Persib. Mereka dianggap bersalah ketika melempar botol dan flare di laga melawan Persija Jakarta.

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

(Baca juga: Ketum PSSI Pastikan Laga Persib Vs PS TNI Tanpa Penonton)

"Fans Persib saja yang dilarang, bukan tanpa penonton. Kita harus menyadari, pertandingan sepakbola itu untuk masyarakat umum dan sponsor, bukan cuma milik fans home dan away team," kata Tisha kepada wartawan.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Akan tetapi, dia meminta kepada Bobotoh untuk bersikap dewasa. Jangan coba mengakali celah yang terdapat dalam hukuman ini. Karena sanksi tersebut diiringi dengan syarat ketat, bukan sekadar tanpa atribut.

"Jangankan atribut. Nyanyian, yel-yel, dan watak itu termasuk. Kita lihat pembuktiannya besok, jika dilanggar pasti akan ada sanksi lanjutan," imbuhnya.

Klarifikasi Tisha ini menjadi sebuah kejutan. Karena, hukuman seperti yang diterima suporter Persib baru pertama kali diterapkan. "Kita tidak melarang penonton, ini berbeda dengan Persija," tuturnya.

(Baca juga: Duel Persib Vs PS TNI Terganjal Izin Polisi)

Persija Jakarta pernah mendapat hukuman tampil tanpa penonton kala menjamu Sriwijaya FC. Sanksi itu sebagai buntut kericuhan yang terjadi di luar lapangan saat Macan Kemayoran menjamu Arema FC di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi.

Petikan sanksi Komisi Disiplin PSSI melalui surat nomor 060/L1/SK/KD-PSSI/VII/2017 berbunyi, “Pelarangan untuk memasuki stadion sebanyak 5x (lima kali) untuk suporter Persib Bandung, karena telah melakukan pelanggaran berulang.”

Hukuman tersebut mulai berlaku sejak Maung Bandung melawat ke markas Perseru Serui 29 Juli 2017 lalu, dan berakhir hingga nanti menjamu Persegres Gresik pada 20 Agustus 2017 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya