Aksi Gemilang Irfan Jaya Bawa Persebaya Cukur PSBS Biak

Pemain Persebaya Surabaya merayakan gol
Sumber :
  • Liga-Indonesia.id

VIVA.co.id – Performa impresif berhasil dipamerkan Persebaya Surabaya dalam laga babak 16 besar Grup C Liga 2 musim 2017. Bajul Ijo menang besar 5-0 dari tamunya, PSBS Biak di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat 22 September 2017.

Ditunjuk Jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro: Seperti Kembali ke Rumah

Tampil di kandang, dengan dukungan dahsyat Bonek Mania kekuatan Persebaya pun seolah menjadi berlipat. Ujian berat bagi PSBS untuk meredam daya ledak The Green Force yang dikenal tangguh bermain di markasnya.

Memulai laga, di menit keenam gelandangf PSBS, Delvin Taplo solo run usai lolos dari jebakan offside dan membawa bola ke dalam kotak penalti lawan, namun sayang bola bisa dikuasai kiper Persebaya, Miswar Saputra.

Liga 1 Berakhir, Ini Daftar Tim yang Degradasi-Promosi dan Lolos ke Championship Series

Menit 21, tim besutan Alfredo Vera mencatatkan skor melalui gol Misbakus Solikin. Berawal dari pelanggaran pemain PSBS di depan kotak penalti, Solikin yang mengeksekusi peluang tersebut mampu melepaskan tendangan cantik ke sudut dekat tiang yang meluncur deras ke jala gawang, Persebaya pun unggul 1-0.

Tersengat gol kubu tuan rumah, PSBS pun tak mau tinggal diam. Beberapa kali upaya serangan mereka juga menjadi ancaman bagi pertahanan dan gawang Bajul Ijo.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Sembilan menit berselang, bermula dari umpan terobosan gelandang Persebaya ke dalam kotak penalti, diterima baik Irfan Jaya untuk mampu mengecoh kiper lawan dan melepaskan sodoran ke depan gawang. 

Namun, bola justru mengenai Faizal Rizal untuk mendorong masuk ke gawang timnya. Persebaya pun memperbesar keunggulan menjadi 2-0.

Menit 39, Persebaya makin menggila dengan menambahkembali skor keunggulan menjadi 3-0 lewat aksi impresif Ricky Kayame. Pemain asal Papua ini memanfaatkan kerja sama apik dengan Taufan Hidayat guna mengoyak jala PSBS.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 3-0 bertahan untuk keunggulan kubu tuan rumah yang mengantarkan kedua tim menuju ruang ganti.

Unggul tiga gol, sepertinya tak membuat Bajul Ijo puas. Tekanan pun kian ditingkatkan masing-masing tim selepas jeda paruh laga.

Hasilnya, baru pada menit 63 tim kebanggaan Bonek Mania mampu menambah skor saat sepakan Misbakus Solikin kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan akurat memanfaatkan set piece sepak pojok. Persebaya kian melenggang 4-0.

Pertarungan pun makin berlangsung panas kala wasit harus mengeluarkan sejumlah kartu kuning akibat terjadinya permainan keras kedua tim.

Jelang berakhirnya laga, Irfan Jaya menutup penampilannya dengan mencetak gol kembali yang membawa Persebaya menang 5-0. Tendangan bebas Misbakus Solikin hadir menjadi assist sempurna bagi Irfan kembali melesakan gol ketiga di laga tersebut pada masa injury time babak kedua.

Skor 5-0 menjadi raihan apik arek-arek Suroboyo dalam laga perdana Grup C babak 16 besar Liga 2. Sedangkan bagi PSBS, hasil ini kian menyulitkannya bersaing ke fase berikutnya.

Susunan pemain: 

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, M Irvan, Fandry Imbiri, Andri Muladi, M Sidik Saimima, Misbakus Solikin, Muhammad Hidayat, Abu Rizal Maulana, Thaufan Hidayat, Riky Kayame, Irfan Jaya.

PSBS Biak: Bagus P – Donny Monim, Faizal Rizal, Patrias Rumere, Byran Nus Muabuay, Charles Rumbino, Delfon
Rumbino, Bonjozi Rumere, Delvin Taplo, Paulus H, Jefrie Kewoe. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya