Alasan PSM Makassar Ancam Mogok Ikuti Liga 1

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir (6-10-17)

VIVA.co.id – Sebanyak 15 klub peserta Liga 1 yang tergabung dalam Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia (FKSPI) mengancam akan mogok mengikuti kompetisi. Di antaranya PSM Makassar

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Mereka menuntut adanya transparansi dalam penyelenggaraan kompetisi. Transparansi yang dimaksud menyangkut berbagai aspek.

Mulai dari hak dan kewajiban operator kepada peserta kompetisi, keadilan dalam pelaksanaan kompetisi hingga gaji pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Secara khusus PSM menyebut penyelenggaraan Liga 1 belum terlaksana secara adil. 

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan ke-15 tim Liga 1 yang tergabung dalam FKSPI memiliki niat untuk mengembalikan segala prosedur maupun aturan pada jalur yang tepat. Upaya itu dilakukan dengan cara melayangkan sejumlah tuntutan ke PT Liga Indonesia Baru. 

"Menurut kami, cukup penting sikap fair dalam kompetisi Liga 1. Karena, kami belum melihat kompetisi ini berjalan baik dan berkeadilan. Sementara sekarang kompetisi sudah hampir selesai," ucap Munafri di Makassar, Kamis, 5 Oktober 2017.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Ia menyebut, ada tiga aspek yang penting untuk segera dibenahi. Pertama berkaitan dengan aspek bisnis, hukum dan teknis. Misalnya saja, kata dia, perhitungan pembagian keuntungan berdasarkan rating penayangan di televisi. 

"Ini supaya pelaksanaan kompetisi bisa berjalan dengan fair dan baik. Kita harus petik pelajaran pasca pembekuan kompetisi sepakbola oleh pemerintah dua tahun lalu," ujarnya. 

Munafri mencontohkan, masalah terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Namun, gaji bagi pemain tersebut tetap ditanggung oleh pihak manajemen klub. Padahal, pemain itu tak dapat membela klub lantaran bergabung bersama Timnas. 

"Saya juga bingung kalau begini. Dua pemain kita (Hasnawi Mangkualam dan Nur Hidayat) sempat tidak ikut bela PSM karena membela Timnas U-19," ungkapnya.

Pertandingan Liga 1 memasuki fase krusial. Laga pekan ke-28 akhir pekan ini bisa menentukan siapa jadi juara dan perebut tiket ke Asia. Lihat statistik, preview, dan prediksi lengkapnya di Jelang Laga VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya