Komdis PSSI Putuskan Persib Kalah WO dari Persija

Laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Masih ingat laga antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-33? Dalam laga yang digelar di tempat netral, Stadion Manahan, Solo, itu, Persib melakukan walk out di menit 83, saat tertinggal 0-1 dari Persija, 3 November 2017.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Dalam laga tersebut, Persija mampu mencetak gol di menit 76 lewat penalti Bruno Lopes. Persib berang dan memilih tak mau melanjutkan pertandingan, lantaran merasa wasit terlalu berpihak.

Sebab, dalam laga tersebut, Persib sebenarnya mampu mencetak gol lebih dulu lewat sundulan bomber asal Chad, Ezechiel N'Douassel, di menit 29. Namun, gol tersebut justru dianulir oleh wasit asal Australia, Shaun Evan Roberts. 

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Bukan cuma itu, Roberts juga mengusir bek Persib, Vladimir Vujovic, di menit 84. Vujovic mendapat kartu merah langsung dari wasit, akibat pelanggaran kerasnya terhadap Bruno. Dua insiden tersebut yang membuat Persib merasa dicurangi, dan memilih untuk meninggalkan lapangan.

Akibat aksinya, Persib akhirnya mendapat sanksi tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Lewat rilis PSSI, diinformasikan hasil keputusan sidang Komdis PSSI, terkait aksi walk out Persib. Dalam pernyataannya, Persija dinyatakan menang 3-0 lantaran Persib meninggalkan laga sebelum pertandingan berakhir.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Pengumuman hasil sidang Komdis PSSI tercantum dalam rilis yang diterima VIVA, Kamis 23 Nobember 2017. 

"Persib Bandung 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017. Nama kompetisi: Liga 1 2017. Pertandingan: Persija Jakarta vs Persib Bandung. Tanggal kejadian: 3 November 2017. Jenis pelanggaran: Tim – Menolak melanjutkan pertandingan. Hukuman: Sanksi kalah 0-3 dan denda Rp. 200.000.000," bunyi keputusan Komdis PSSI.

Persija berhasil finis di posisi 4 klasemen akhir Liga 1, hasil 17 kemenangan, 10 hasil imbang dan menelan tujuh kekalahan, dengan 61 poin. Sedangkan Persib berada di posisi ke-13 klasemen, hasil dari sembilan kemenangan, 14 hasil seri, dan menelan 11 kekalahan, dengan 41 poin. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya