9 Fakta Menarik Arsene Wenger Bersama Arsenal

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, dengan trofi Premier League dan Piala FA.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Berakhir sudah rezim Arsene Wenger bersama Arsenal. Setelah 22 tahun, Wenger memutuskan mundur sebagai manajer The Gunners, di akhir musim ini.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Meski belakangan dikritik karena tak tampil konsisten, Wenger memiliki jasa besar untuk Arsenal.  Sudah 3 gelar Premier League, 7 Piala FA, dan 7 Community Shield yang dipersembahkan Wenger untuk The Gunners.

Selain itu, ada berbagai catatan menarik mengenai kepelatihan Wenger di Arsenal. Berikut seperti dilansir Opta:

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

1. Arsenal menjuarai Premier League musim 2003-04 dengan rekor tak terkalahkan. Prestasi yang tak bisa dilakukan tim manapun di era Premier League.

2. Wenger sukses menjuarai Piala FA 7 kali bersama Arsenal. Ini menjadi rekor terpanjang dibandingkan manajer lainnya sepanjang sejarah.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

3. Di bawah kendali Wenger, Arsenal mencatat rekor 49 kali tak terkalahkan di Liga Inggris pada Mei 2003 hingga Oktober 2005. Dia mematahkan rekor sebelumnya yang dicatat Nottingham Forest, 42 laga tak terkalahkan pada November 1977 hingga November 1978 di bawah kendali Brian Clough.

4. Bersama Wenger, Thierry Henry mencetak 175 gol di Premier League. Ini menjadi rekor terbanyak yang dicatat pemain bersama seorang manajer dalam sejarah Premier League.

5. Wenger menjadi manajer dengan jumlah pertandingan terbanyak di Premier League (823). Hanya Sir Alex Ferguson (528) yang punta rekor kemenangan lebih banyak dibandingkan Wenger (473).

6. Wenger meraih kemenangan terbanyak di Liga Champions (86, di luar kualifikasi), tanpa pernah juara di kompetisi tersebut.

7. Wenger sukses meraih 10 kemenangan dalam 10 pertandingan melawan Reading di semua kompetisi. Ini menjadi rekor terbaiknya sebagai manajer Arsenal.

8. Wenger sukses 21 kali mengalahkan David Moyes saat menangani Arsenal. Ini menjadi rekor terbaik dibandingkan saat melawan manajer lainnya.

9. Ada 117 pemain yang mencetak gol untuk Arsenal di laga kompetitif di era Wenger (di luar gol bunuh diri).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya