Mantan Wasit Premier League Sempat Minta Bantuan Ferguson

Sir Alex Ferguson (kanan) dapat kado permen karet
Sumber :
  • dailymail.co.id

VIVAbola - Sebuah pengakuan datang dari mantan wasit Premier League, Mark Halsey. Dia mengaku memiliki hubungan baik dengan pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson. Halsey paham, tindakan itu tidak dibenarkan karena melanggar protokol antara perangkat pertandingan dan pelatih.

Hubungan itu mulai terjalin sejak kasus rasis yang menimpa John Obi Mikel saat wasit Mark Clattenburg diduga mengejek 'monyet' saat memimpin laga Manchester United melawan Chelsea pada Oktober 2012.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Tidak terima dengan intimidasi dari sang pengadil, Obi Mikel saat itu mengancam akan mematahkan wasit Clattenburg. Untuk meredakan situasi antara Clattenburg dan Obi Mikel, Halsey meminta bantuan Ferguson berbicara memberikan dukungan kepada wasit Clattenburg.

"Saya mengambil semua keputusan di tangan saya sendiri dan kemudian saya menelepon Ferguson untuk bicara," ungkap Halsey dilansir Metro co.uk.

Setelah terjadi diskusi lewat sambungan telepon, Ferguson setuju dengan inisiatif Halsey membantu wasit Clattenburg."Di konferensi pers pada Jumat dia mengatakan, sulit membayangkan Clattenburg mengatakan akan berkata seperti itu. Ini sangat membantu situasinya," sambung Halsey.

Namun, Halsey mengakui tidak mudah mendapatkan respek dan rasa hormat dari Ferguson. "Namun pada akhirnya kami memiliki hubungan yang sangat baik," aku Halsey.

Kendati memiliki kedekatan, Halsey menegaskan hubungan dengan Ferguson tetap berlangsung profesional dan tidak berlanjut ke lapangan hijau. Halsey tetap bersikap obyektif ketika memimpin pertandingan MU.

"Saya mungkin telah berbicara banyak dengan dia dan berbagi cerita. Tapi dia tahu, ketika saya melewati garis putih (masuk ke lapangan), tidak ada keuntungan apapun."

"Pemain dan manajer tidak akan menghargai, jika Anda memberi keputusan berdasarkan persahabatan," Clattenburg menambahkan.

Mendengar pengakuan Hasley tersebut, pengawas pertandingan profesional dan pejabat pertandingan (PGMOL); sebuh kelompok yang mengawasi ofisial dan pertandingan Liga Inggris mengingatkan, kontak antara wasit dan pelatih tidak diperbolehkan.

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

"Pada awal musim, semua wasit kami tekankan untuk mengikuti protokol dari PGMOL. Ini mencakup sejumlah isu, termasuk tidak membuat komunikasi langsung antara wasit, manajer, dan pemain untuk alasan integritas sangat dilarang."

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016