Aston Villa Resmi Dibeli Pengusaha China

Randy Lerner (kiri) dan pemilik baru Aston Villa Tony Jiantong Xia (kanan)
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Aston Villa yang terdegradasi dari Premier League ke Championship musim ini, resmi dijual ke pengusaha China Tony Jiantong Xia dengan harga £60 juta. Kesepakatan pembelian, menjadikan Xia sebagai pemilik 100 persen saham klub.

Gerrard Bikin Villa Semakin Sangar, Mau Sambar Jangkar Juventus

Dilansir dari MIrror, Kamis 19 Mei 2016, Villa disebut akan segera mengumumkan manajer baru. Miliarder Amerika Serikat Randy Lerner, sebenarnya telah berusaha menjual klub pada 2014, delapan tahun setelah membelinya pada 2006 dengan harga £62,2 juta.

Suksesnya penjualan klub ke pengusaha China, memberi sedikit kelegaan pada suporter, yang sudah lama memberikan tekanan pada Lerner untuk menjual Aston Villa. Pernyataan resmi pada situs klub, menyebutkan 100 persen saham kini dimiliki oleh Recon Group.

Polisi Tangkap Suporter Pelaku Pelemparan Everton Vs Aston Villa

Proses pembelian tinggal menunggu persetujuan dari Premier League dan Football League. "Setelah persetujuan telah diberikan dan anggota dewan yang baru disetujui, Xia akan menjadi chairman Aston Villa," demikian isi pernyataan resmi dari klub.

Xia adalah penggemar sepakbola, dan bermimpi membuat Aston Villa menjadi klub terpopuler di antara penggemar sepakbola di China. Recon Group adalah korporasi milik pribadi Xia, yang mengendalikan sejumlah perusahaan yang tersebar di 75 negara.

Pemain Aston Villa Dilempari Botol Saat Hadapi Everton

Lima di antaranya terdaftar pada bursa Hong Kong dan China. "Xia bermain sepakbola sebagai striker hingga selesai kuliah, dan sepakbola tetap menjadi hasratnya. Dia menjadi pendukung Aston Villa sejak beberapa tahun lalu, dan puas dengan kesempatan menjadi pemilik baru klub."

Disebutkan juga dalam pernyataan resmi, Xia membeli Aston Villa sebagai batu loncatan, untuk divisi olahraga dan pariwisata di perusahaannya. "Sasaran Xia dalam waktu dekat, adalah mengembalikan Aston Villa ke Premier League dan membuat klub finis enam besar."

Pemain Newcastle United.

Newcastle United vs Aston Villa, Trippier Jadi Pahlawan The Magpies

Newcastle United mengalahkan Aston Villa dalam lanjutan Premier League pekan ke-25 di Stadion St James Park, Minggu 13 Februari 2022 Senin dini hari WIB).

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2022