Ini Dia Tim Premier League yang 'Panen' Pemain Akademi

Trofi Premier League
Sumber :
  • Reuters / John Sibley

VIVA.co.id - Di era sepakbola modern seperti sekarang ini, klub-klub Premier League lebih suka membeli pemain yang sudah memiliki nama besar dengan harga selangit. Mereka seolah lupa untuk memerhatikan homegrown player.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
Homegrown player adalah pemain didikan akademi klub yang usianya 21 tahun atau lebih dan telah menghabiskan tiga musim di satu negara saat pemain tersebut berusia 16-21 tahun. Atau bisa dibilang pemain tersebut merupakan pemain lulusan akademi negara itu sendiri.
 
Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland
Banyak yang menyebut non-homegrown adalah pemain yang berasal dari luar Inggris. Namun nyatanya, status pemain homegrown tak mempedulikan dari mana asal negara pemain tersebut.

Sebagai contoh, Cesc Fabregas jadi salah satu contoh pemain homegrown yang bukan warga negara Inggris. Status tersebut Fabregas dapatkan karena pada usia antara 16-21, Fabregas menghabiskan tiga musimnya bersama Arsenal.
 
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan
Tiga musim yang dihabiskan para pemain untuk mendapatkan status homegrown di sebuah negara tak harus menetap dalam satu klub. Selama pemain muda tersebut bermain di liga atau negara yang sama, maka pemain tersebut bisa mendapatkan status pemain homegrown.
 
Untuk meningkatkan kualitas dan regenerasi sepakbola Inggris, sejak musim 2010-2011, Premier League mengeluarkan regulasi yang menekan pada semua klub untuk mengikutsertakan homegrown player dalam skuat utama. Setiap tim wajib memasukkan delapan pemain berstatus homegrown dalam skuat 25 pemain.
 
Dilansir Daily Mail, Musim lalu, total ada 67 homegrown player yang berlaga di Premier League. Bournemouth tercatat sebagai klub yang paling banyak melibatkan pemain homegrown. Tim besutan Eddie Howe itu memiliki 15 pemain homegrown yang melakoni debut di musim lalu, dari 23 pemain dalam skuatnya.
 
Pemain homegrown terakhir yang terdaftar menjalani debutnya di musim lalu adalah pemain Arsenal, Alex Iwobi. Iwobi menjalani debut di laga melawan Swansea pada Oktober lalu.
 
Untuk memberikan ucapan selamat kepada Iwobi, Premier League memberikan sebuah poster bergambar semua wajah pemain homegrown yang menjalani debut di musim 2015-2016, yang diberi nama 'Class of 2015/16'.
 
 

Thanks @premierleague ... Great To Make My Debut Last Season , Now It's Time To Kick On In 16/17 ??????#Big17 #COYG

A photo posted by Alexander Iwobi (@alexanderiwobi) on Aug 9, 2016 at 1:57pm PDT

 
"Tantangan untuk masing-masing 67 anggota 'Class of 2015/16' adalah untuk mengubah debut mereka menjadi beberapa pertandingan dan akhirnya membuat karier yang panjang dan sukses di Premier League. Kami berharap mereka sukses dengan ambisi ini," kata Ged Roddy, Premier League’s director of football. (one)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya