Kiper Masih Jadi Masalah Besar bagi Liverpool

Penjaga gawang Liverpool, Loris Karius
Sumber :
  • Reuters / Phil Noble

VIVA.co.id - Mantan pemain Manchester United dan timnas Inggris, Gary Neville, menilai kiper jadi masalah utama bagi Liverpool. Menurut Neville, The Reds tidak memiliki kiper yang cukup mumpuni untuk membawa tim meraih gelar juara.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Kekalahan Liverpool dari AFC Bournemouth di pekan ke-14 Premier League, dinilai karena performa Loris Karius. Gawangnya harus kebobolan empat kali, membuat Liverpool mengalami kekalahan 3-4.

Hasil negatif itu membuat Liverpool turun ke posisi tiga klasemen sementara dengan raihan 30 poin. Sejauh ini, gawang Liverpool sudah kebobolan 18 gol, lebih banyak dari tim yang berada di posisi lima besar.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Neville menilai lini pertahanan tim asuhan Juergen Klopp ini memang mengkhawatirkan. Buruknya performa kiper, menurut dia, akan memberikan kegugupan bagi para pemain lainnya.

"Kiper bisa menularkan kegugupan ke seluruh lapangan dan anggota tim. Kiper-kiper seperti Karius, itu lah yang mereka lakukan, mereka bagus dalam hal itu, mereka bagus dalam menyalurkan kegugupan," kata Neville, dikutip Standard.

Real Madrid Incar Bintang Muda Manchester United

Tim asuhan Juergen Klopp itu seharusnya merekrut kiper seperti Thibaout Courtois dan David De Gea. Kiper yang sudah memiliki bukti cemerlang, dan membuat pertahanan timnya menjadi lebih tenang.

"Mereka pada dasarnya melakukan hal-hal yang mengganggu ketenangan semua orang. Suporter mulai sedikit panik, sedangkan Courtois dan De Gea sekarang, serta Van der Sar, kiper-kiper tipe ini, Anda mempercayai mereka. Mereka bisa diandalkan," ujarnya.

"Mereka adalah tipe kiper yang memenangi liga dengan Anda. Tapi, tantangan untuk Liverpool adalah pertahanan, sudah selalu jadi persoalan beberapa tahun terakhir, juga sekarang kiper," tutur Neville yang kini menjadi komentator sepakbola.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya