5 Fakta Menarik Usai Burnley Gagalkan Kemenangan Chelsea

Penyerang Chelsea, Diego Costa (kostum biru) dalam laga kontra Burnley
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Meski hanya memetik hasil imbang kontra Burnley, Chelsea tetap kokoh di puncak klasemen Premier League. Bertandang ke Turf Moor Stadium dalam laga pekan ke-25 Premier League, skuat besutan Antonio Conte ini bermain imbang 1-1 kontra Burnley, Minggu 12 Februari 2017.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Hasil imbang kontra Burnley menggenapkan selisih poin Eden Hazard cs dengan dua pesaing terdekat, Arsenal dan Tottenham Hotspur, menjadi 10 poin. Saat ini, Chelsea masih ada di urutan teratas dengan poin 60.

Dirangkum dari Opta dan BBC, ada beberapa catatan statistik yang menarik untuk diketahui. Salah satunya, Chelsea merupakan tim yang paling banyak membuat clean sheet di ajang Premier League musim ini.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Dengan kekuatan pertahanan ala Conte, The Blues sukses mencatat 13 kali clean sheet sepanjang musim 2016/2017. Bukan hanya itu, Chelsea juga jadi tim yang jumlah kebobolannya paling sedikit, 18 gol. Catatan ini sama dengan yang diraih oleh Tottenham yang saat ini berada di posisi 2 klasemen.

Tren positif Chelsea ternyata tak menular kepada sang striker, Diego Costa. Penyerang naturalisasi Spanyol ini kembali gagal mencetak gol dalam laga kontra Burnley. Costa gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhirnya. Tren negatif ini terakhir kali dialami Costa musim lalu, medio April-Mei 2016. 

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Akibatnya, Costa disalip oleh juru gedor Arsenal, Alexis Sanchez, dan penyerang Everton, Romelu Lukaku, dalam daftar top scorer Premier League. Costa untuk sementara berbagi posisi ketiga dengan bintang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, dengan 15 gol. Jumlah ini terpaut satu gol dengan Lukaku, dan dua gol dengan Alexis.

Lima Fakta Menarik Usai Laga Burnley Vs Chelsea:

- Chelsea jadi tim dengan catatan clean sheet terbanyak di Premier League musim ini. Hingga pekan ke-25 Premier League, Chelsea sudah mencetak 13 kali clean sheet. Catatan ini melebihi tren positif di musim 2015/2016.

- Marcos Alonso jadi salah satu bek yang mencetak gol terbanyak di Premier League musim ini. Defender asal Spanyol ini sudah mencetak tiga gol sejauh ini. Catatan tersebut sama dengan yang diraih oleh bek Swansea City, Alfie Mawson.

- Pedro Rodriguez sukses mencetak sembilan gol di semua ajang musim ini. Jumlah gol Pedro melebihi pencapaiannya musim lalu, yang hanya mampu mencetak delapan gol di semua ajang.

- Chelsea memperpanjang rekor tak terkalahkan atas Burnley di ajang Premier Legaue. Dalam enam pertemuan, The Blues meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang.

- Diego Costa gagal mencetak gol dalam tiga laga beruntun. Terakhir kali Costa mengalami tren negatif ini pada April-Mei 2016. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya