Scweinsteiger Akhirnya Tinggalkan MU

Bastian Schweinsteiger
Sumber :
  • REUTERS/ Phil Noble Livepic

VIVA.co.id – Bastian Schweinsteiger akhirnya setuju meninggalkan Manchester United. Gelandang Jerman, itu akan bergabung dengan klub MLS Chicago Fire pekan depan, dengan kontrak bernilai US$4,5 juta.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

"Sepanjang karier, saya selalu mencari kesempatan di mana saya diharapkan memberi pengaruh positif, dan membantu melakukan sesuatu yang hebat," kata Schweinsteiger dalam pernyataan resmi yang dikutip Chicago Tribune, Selasa, 21 Maret 2017.

Mantan bintang Bayern Munich yang disingkirkan dari tim utama MU oleh Jose Mourinho, itu mengatakan yakin dengan visi dan filosofi Chicago Fire. "Saya ingin membantu mereka dengan proyek ini (memajukan klub)," ucapnya.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Schweinsteiger baru empat kali dimainkan musim ini, tanpa sekali pun kesempatan tampil di Premier League. Pertandingan kompetitif terakhirnya hanya di Liga Europa, saat MU menghadapi Saint-Etienne pada 22 Februari lalu.

Dia bergabung dengan MU pada Juli 2015, pada era Louis van Gaal. Pemain yang sudah berusia 32 tahun, itu tidak dipercaya oleh Mourinho, yang telah berusaha melepasnya pada bursa transfer musim panas dan musim dingin.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Namun, Scweinsteiger memutuskan bertahan di Old Trafford. Bos Chicago Fire Veljko Paunovic berhasil meyakinkan Schweinsteiger untuk pindah, dengan menawarkannya menjadi figur panutan di ruang ganti timnya.

"Percakapan (dengan Scweinsteiger) spontan, natural, dan menginspirasi bagi kedua pihak. Di satu titik, menjadi percakapan yang sangat personal. Saya pikir, itu turut membantu kedua pihak untuk memahami, bagaimana kita bisa membantu satu sama lain," kata Paunovic

Paunovic memastikan Scweinsteiger akan menjadi contoh di ruang ganti, mengenai gambaran seorang juara. "Dia masih seorang yang bisa memperlihatkan kemampuan di lapangan, dan mendemonstrasikan bagaimana pemain kami harus bekerja, bertindak, berpikir, dan bekerja sama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya