Tolak Salaman dan 10 'Dosa' Lain Mourinho di Tepi Lapangan

Manajer Manchester United, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Rebecca Naden

VIVA.co.id – Jose Mourinho kembali bikin heboh dengan aksi di pinggir lapangan. Usai pertandingan melawan Stoke City, dia sengaja mengabaikan jabat tangan dari manajer lawan, Mark Hughes.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Juru taktik MU itu berkilah tidak ada yang salah dengan aksinya. Tapi Hughes mengklaim ada dua hal yang bikin The Special One menolak bersalaman.

Pertama, karena aksi dorongan yang dilakukannya ketika laga berjalan. Hughes berdalih, Mourinho harus diperlakukan demikian karena berusaha masuk area teknis timnya. Kedua, diyakini pria asal Portugal itu kesal MU hanya bermain imbang 2-2.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Lepas dari apapun penyebab Mourinho menampik jabat tangan Hughes, yang jelas itu bukan kali pertama dia bermasalah di pinggir lapangan. Banyak aksi kontroversial lain yang membuatnya layak menjadi bahan pemberitaan, seperti ditulis  Daily Mail.

1. Selebrasi di Old Trafford

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Mourinho melakukan selebrasi gila ketika timnya kala itu, FC Porto, menyamakan skor di laga kontra MU. Hasil yang membawa jawara Portugal tersebut ke perempat final Liga Champions 2004

Dia beranjak dari bangku cadangan dan berlari di sepanjang tepi lapangan sambil berteriak-teriak merayakan gol penyeimbang kedudukan dari Costinha. Fans MU terbengong-bengong sembari cemberut melihat tindakan berlebih itu.

2. Suruh Fans Liverpool Tutup Mulut

'Sssh' Mourinho lalu mengarahkan telunjuk ke depan bibirnya. Dia menyuruh fans Liverpool diam usai timnya, Chelsea, berhasil balik unggul dalam final Piala Liga di Stadion Millenium pada 2005 lalu.

3. Silangkan Tangan

Dia menyilangkan tangan dan menatap ke arah televisi. Diyakini gestur tersebut bentuk kekesalan Mourinho atas keputusan wasit mengkartu merah dua pemain Inter Milan di laga kontra Sampdoria pada 2010.

4. Colok Mata Villanova

Ini salah satu aksi paling tenar dari Mourinho. Dia tiba-tiba mencolok mata asisten pelatih Barcelona, mendiang Tito Villanova, ketika terjadi keributan di laga Piala Super Spanyol. Itu terjadi di awal Mourinho menangani Real Madrid, 2011.

5. Bek Mickey Mouse

Bek West Brom, Jonas Olsson dipanggil bek Mickey Mouse oleh Mourinho saat mereka memasuki lorong menuju ruang ganti. Dia tak senang dengan gaya bermain pemain tersebut. Tidak senang, san defender pun balas memaki. Kejadian itu berlangsung pada 2013.

6. Ancam Anak Gawang

Anak gawang Crystal Palace menjadi sasaran amuk Mourinho. Bocah yang bertugas mengambil bola tu kena bentak gara-gara sengaja mengulur waktu dengan membuang kembali si kulit bundar yang akan diambil pemain Chelsea. "Kamu lakukan itu sekarang, suatu ada orang yang meninjumu," ancamnya.

7. Ribut dengan Wenger

2014, kedua manajer kawakan itu berdebat keras di pinggir lapangan. Mereka saling adu argumen soal tackle keras yang dilancarkan Garry Cahill kepada Alexis Sanchez.

8. Dokter Cantik Jadi Korban

Satu lagi yang juga paling menghebohkan. Mourinho membentak dokter cantik Evan Carniero. Dia kesal karena wanita tersebut nyelonong masuk lapangan memberikan perawatan kepada Eden Hazard.

9. Kejar Wasit

Protes kepada wasit sudah jadi hal biasa buat Mourinho. Jon Moss adalah yang paling sering menjadi korban. Pernah pada 2015, dia mengejar sang juru pengadil sampai ke ruang ganti.

10. Tendang Botol

Pada 2016 lalu, Moss menghukum Mourinho gara-gara aksi iseng. Dia menendang botol minuman di pinggir lapangan pada pertandingan melawan West Ham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya