Soal Insiden di Derby Manchester, Wenger Salahkan ManCity

Manajer Arsenal, Arsene Wenger
Sumber :
  • Reuters/John Sibley

VIVA - Insiden di lorong pemain stadion Old Trafford usai duel Manchester United kontra Manchester City terus menjadi sorotan. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, pun turut memberikan komentarnya.

Blak-blakan, Shin Tae-yong Ungkap Pelajari Gaya Pelatih Legendaris Ini

Setidaknya ada 15 orang yang terlibat pertikaian dalam insiden tersebut pada Minggu 10 Desember 2017. Insiden berawal dari adu mulut antara manajer MU, Jose Mourinho, dan kiper ManCity, Ederson Moraes.

Mourinho saat itu kesal dengan kebisingan di ruang ganti The Citizens yang sedang merayakan kemenangan 2-1 atas MU. Namun, pertikaian kian meluas usai para pemain dan staf dari kedua tim terpancing emosinya.

5 Pelatih di Premier League dengan Raihan Kemenangan Terbanyak

Bahkan, Mikel Arteta selaku asisten pelatih ManCity mengalami luka pada pelipis matanya. Wenger menilai, tim tamu seharusnya tidak merayakan kemenangan dengan berlebihan, harus ada rasa hormat kepada tim lawan.

"Itu adalah bagian dari intensitas (pertandingan). Memang bisa berlebihan. Hal itu pernah terjadi kepada kami. Terjadi kepada kami. Mudah-mudahan Anda berkomitmen 100 persen di lapangan dan menjadi orang baik setelahnya," ujar Wenger dilansir Daily Mirror.

Terbaru Pep Guardiola, Ini 5 Pelatih dengan Torehan 200 Kemenangan Tercepat di Premier League

"Saya benar-benar tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Memang sulit melihat perayaan 100 persen di kubu lawan. Itu adalah sebuah pengalaman yang memang sedikit menyinggung," ujarnya menambahkan.

Wenger mencoba menjadikan olahraga sumo sebagai contohnya. Meskipun, dia menyadari itu tak bisa diterapkan karena bedanya budaya antara di Asia dan Eropa.

"Itulah mengapa saya mengagumi sumo di Jepang, karena pihak yang menang tidak memperlihatkan kegembiraannya karena respek terhadap lawannya. Apakah itu sesuatu yang bisa kita tiru? Saya pikir tidak. Bukan bagian dari budaya kita," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya