Asosiasi Wasit Italia Tanggapi Kritikan Allegri Soal VAR

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri
Sumber :
  • Reuters / Eddie Keogh

VIVA.co.id - Asosiasi wasit Italia menanggapi dengan santai kritikan Massimiliano Allegri soal penggunaan  Video Assistant Referee (VAR).  Baginya, teknologi ini sangat bagu untuk membantu kinerja wasit di lapangan.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Allegri sebelumnya mengeluhkan penggunaan VAR saat Juventus di tahan imbang 2-2 oleh Atalanta, pekan lalu.  Ketika itu wasit Antonio Damato menggunakan VAR untuk mengambil keputusan.

Pertama adalah ketika Mario Mandzukic mencetak gol di menit ke-57, yang belakangan dianulirnya usai menggunakan VAR. Sebab terlihat adanya pelanggaran.

Tak Dipakai MU, Pemain Ini Malah Jadi Incaran Dua Raksasa Italia Juventus dan AC Milan

Yang kedua adalah saat Damato memutuskan memberikan penalti jelang akhir pertandingan. Akan situasi tersebut, Allegri meminta wasit lebih bijak dalam menggunakan VAR.

Esk pelatih AC Milan itu takut laga menjadi lebih lama karena banyak momen yang ditinjau ulang lewat VAR. Presiden Asosiasi Wasit Italia, Marcello Nicchi, menilai VAR memang dibuat untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

"Setidaknya itu berarti pertandingannya lebih menyenangkan dan lebih banyak permainan untuk harga tiket yang dibeli," ujar Nicchi dikutip Football Italia.

"VAR adalah instrumen yang, kalau disempurnakan, bisa membawa keuntungan luar biasa besar. Ada banyak elemen positif. Kita praktis sudah menghilangkan hukuman kartu untuk perselisihan pendapat (atas keputusan wasit) dan tekel-tekel kasar juga sudah ditekan," sambungnya.

Lebih lanjut, Nicchi menilai teknologi saat ini memang bagus untuk wasit. Sang pengadil lapangan bisa dengan tenang saat memimpin laga karena memiliki pengaman yang cukup penting. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya