Klub Spanyol Akan Kena Sanksi Jika Stadion Tak Penuh

Santiago Bernabeu saat mengheningkan cipta untuk Morisini.
Sumber :
  • REUTERS/Andrea Comas
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Sebuah peraturan baru akan diberlakukan di Liga Spanyol mulai musim depan. Peraturan baru ini berkaitan dengan visualisasi penonton layar kaca.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Dikutip dari Football-Espana, regulasi baru ini menekankan kepada setiap klub agar mampu membuat stadion penuh, atau setidaknya terlihat penuh saat disiarkan di televisi. Jika tidak, sanksi tegas berupa denda, akan dijatuhkan LFP.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Peraturan baru ini tertulis di pasal 6 dari seluruh regulasi La Liga 2016-2017, yang berbunyi:


Penonton di stadion adalah bagian dari persepasi audio visual pertandingan. Stadion harus tampak penuh di siaran televisi. Terutama di bagian tribun yang bersebrangan antara tim tuan rumah dan tim tamu.

La Liga sangat menganjurkan para pendukung untuk memiliki tiket musiman (untuk pertandingan satu musim penuh), dan penonton lainnya diarahkan ke tribun bersebrangan dengan kamera utama. Tribun setidaknya harus penuh 75 persen. Jika hal ini tidak terjadi, sanksi akan diberlakukan. Sanksi ini akan dijatuhkan dua kali lipat jika terjadi penurunan penonton di bawah 50 persen.

Delegasi pertandingan akan melaporkan tingkat keramaian stdion di tiap pertandingan. Tingkat keramaian akan dilaporkan dengan grafis yang disediakan. Masing-masing delegasi akan mendokumentasikan suasana stadion saat pertandingan berjalan 30 menit untuk menilai tingkat kehadiran penonton. Data dari pintu masuk stadion juga akan dijadikan alat untuk mencocokkan situasi.

Peraturan ini bisa ditangguhkan untuk kondisi tertentu, seperti cuaca buruk. Pihak penyelenggara juga akan bersedia membiayai instalasi atap atau terpal untuk menutupi penonton saat cuaca hujan.

Peraturan ini tak hanya untuk PrimeraDivision, tapi juga Segunda Division. Klub-klub seperti Real Betis, Villarreal, Eibar, Celta Vigo, Leganes dan Numancia sudah mulai menata letak stadion mereka untuk memenuhi regulasi ini.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya