Satu Lagi Bukti Rapuhnya Barcelona Tanpa La Masia

Pemain Barcelona
Sumber :
  • Getty Image/ The Sun

VIVA.co.id – Satu fakta unik terlihat dari klub raksasa La Liga, Barcelona. Khususnya bila melihat susunan pemain yang diturunkan Luis Enrique di jornada atau pekan 3.

Barcelona Kembali ke Jalan yang Benar, Terbiasa Cetak 4 Gol

El Barca menjamu tim promosi, Deportivo Alaves pada akhir pekan kemarin. Secara mengejutkan, Barcelona takluk dengan skor 1-2.

Di laga tersebut, Enrique menurunkan Jasper Cillessen, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu, Lucas Digne, Arda Turan, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Aleix Vidal, Denis Suarez, Neymar dan Paco Alcacer.

Legenda Real Madrid Paco Gento Tutup Usia

Dari 11 nama di atas, diketahui sebuah fakta kalau hanya ada satu nama yang merupakan pemain didikan akademi klub, La Masia, yakni Busquets. Terakhir Barcelona hanya memasang satu lulusan La Masia di starting terjadi 14 tahun lalu, dilansir The Sun.

Pada 24 April 2002, Barcelona melakoni laga panas melawan musuh bebuyutan, Real Madrid di Liga Champions. Barcelona yang kala itu dilatih Carles Rexach, hanya memasang Thiago Motta sebagai pemain didikan La Masia sebagai starter.

10 Pemain Barcelona Bakal Ditendang, Banyak Nama Bintang

Situasi ini jelas berbeda seperti Barcelona era Pep Guardiola yang terkenal gemar memainkan lulusan La Masia sejak awal laga. Setidaknya, ada delapan hingga sembilan pemain lulusan akademi yang dipasang Pep.

Konsep baru yang diusung Barcelona telah merusak mata rantai pembinaan klub Catalan tersebut. Mereka lebih senang menghamburkan uang dan seolah acuh terhadap para pemain muda.

Barcelona mengeluarkan 343 juta euro untuk mendatangkan 15 pemain baru. Ini sebuah hal yang bertentangan dengan konsep akademi yang membesarkan nama mereka. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya