Fenomena Zidane Jarang Terjadi di Sepakbola

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.
Sumber :
  • REUTERS/Susana Vera

VIVA – Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, kagum dengan pencapaian sang pelatih, Zinedine Zidane. Menurutnya, fenomena Zidane jarang terjadi dalam dunia sepakbola.

5 Klub Sepakbola Terpopuler di Dunia, Ada Real Madrid?

Akhir pekan lalu, Zidane sukses membawa Real Madrid mempertahankan gelar juara Piala Dunia Klub usai mengalahkan Gremio 1-0 di final.

Dengan demikian, Zidane telah membawa El Real meraih total delapan trofi. Padahal, manajer asal Prancis itu baru membesut El Real selama 2 tahun (mulai 4 Januari 2016).

Mengintip Kiprah Gemilang Legenda dan Bintang Real Madrid

Hanya dalam tempo 2 tahun, Real Madrid telah meraih trofi LaLiga (1), Piala Super Spanyol (1), Liga Champions (2), Piala Super Eropa (2) dan Piala Dunia Klub (2)

"Tanpa keraguan, Zidane yang terbaik," kata Ramos seperti dilansir laman olahraga Spanyol, Marca, Senin 18 Desember 2017.

Jadwal Babak Perempat Final Liga Champions: Manchester City ketemu Real Madrid

"Kami sangat senang dia jadi pelatih kami. Sebab, bersamanya, ada berkelanjutan. Dan jarang terjadi ada pemain bagus jadi pelatih bagus. Tapi, dia mampu melakukannya," jelasnya.

Sebelum menjadi pelatih, Zidane memang dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Dia meraih gelar Pemain Terbaik Ballon d'Or 1997.

Di level klub, dia di antaranya meraih: 2 Piala Intertoto, 3 trofi Serie A, Piala Super Italia, 2 Piala Super Eropa, 2 Piala Intercontinental, LaLiga, Piala Super Spanyol dan Liga Champions.

Prestasinya di level timnas juga tidak kalah gemerlap. Zidane sukses memimpin timnas Prancis menjadi juara di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya