Pep Pergi Tinggalkan Prestasi dan Rekor

Josep Guardiola usai mengumumkan pengunduran dirinya dari Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola - Pelatih flamboyan, Josep Guardiola akhirnya memecahkan sendiri teka-teki masa depannya di kursi kepelatihan Barcelona. Pep, sapaan akrabnya memilih melepaskan tongkat komando kepelatihan setelah empat musim menukangi raksasa Catalonia itu.

Kepastian akan masa depannya memang sempat simpang-siur di musim panas ini. Isu hengkangnya Guardiola menjadi bola panas setelah sang entrenador beberapa kali mengulur waktu memperpanjang kontrak barunya.

Namun, setelah ditahan oleh manajemen tim, pria 41 tahun itu kembali berpikir ulang  melepas jabatannya. Dia sepakat bertahan selama satu musim lagi menukangi Lionel Messi cs. Tapi tekad bulat Guardiola menanggalkan jabatannya sudah tidak terbendung lagi di akhir pekan ini, yang sebenarnya telah dia rencanakan pada Desember 2011 lalu.

Pelatih kelahiran Santpedor ini resmi meninggalkan Barcelona di akhir musim nanti. Banyak spekulasi yang mengiringi kepergian Guardiola dari Barcelona. Salah satu yang mengemuka, kegagalan Barcelona menembus final Liga Champions di edisi 2012 ini.

Tapi kegagalan Barcelona merebut kemenangan dari tangan Chelsea rasanya tidak sebanding dengan segudang prestasi plus rekor yang telah dia goreskan untuk Barcelona. Sejak ditangani Guardiola pada 2008 silam, Barcelona menjadi tim yang paling disegani seantero Eropa.

Salah satu rekor yang paling dikenang tentu di musim pertamanya yang sangat fenomenal. Dia menjadi pelatih termuda  El-Barca yang di musim pertamanya langsung memberikan gelar treble-winner pada 2009 silam.

Tiga trofi bergengsi langsung dia persembahkan sebagai bukti cinta terhadap klub yang telah membesarkan namanya. Ini masih ditambah dengan raihan Piala Super Eropa dan gelar Piala Dunia Antarklub tiga tahun silam. Rekor pelatih bergestur tenang itu juga semakin cemerlang di musim-musim selanjutnya.

Di bawah instruksi Guardiola, Barcelona menjadi salah satu tim terpoduktif di kancah La Liga. Sepanjang musim ini, tim yang berbasis di Camp Nou telah mengemas 150 gol di semua ajang kompetisi. Torehan impressif ini hanya berjarak delapan gol di tahun pertamanya pada 2008/09. Guardiola sanggup mengantarkan skuadnya mencetak 158 gol.

"Barcelona kini hanya terpaut dua gol untuk menyamakan produktivitas gol pada musim lalu serta delapan gol untuk mencapai rekor gol terbanyak selama satu musim di bawah kepelatihan Guardiola," demikian keterangan resmi yang dilansir situs resmi Barcelona.

Sejak diambil alih Guardiola, Barcelona selalu bisa mencatatkan gol lebih dari angka 150. Kecuali pada 2009/10 di mana Barcelona hanya mampu mengemas 138 gol. Tapi musim berikutnya, capaian grafik gol Barcelona kembali menanjak, menyentuh 152 gol di semua ajang kompetisi.

Tidak sampai di situ, Guardiola juga mencatatkan namanya sebagai salah satu pelatih tersukses di Barcelona. Kemenangan empat gol tanpa balas yang diraih Barcelona atas Getafe beberapa waktu lalu mengukuhkan dirinya sebagai pelatih kedua yang paling banyak menorehkan kemenangan.

Kemenangan atas Getafe mempertegas rapor impressif Guardiola selama menukangi Lionel Messi cs. Dia menjadi entrenador yang sanggup memberikan 112 kemenangan buat Barcelona dari 146 pertandingan La Liga. Catatan itu mensejajarkan rekor prodessornya, Frank Rijkaard yang melatih El-Barca periode 2003-2008.

"Usai merebut kemenangan atas Getafe, Guardiola menjadi pelatih kedua dengan kemenangan terbanyak di La Liga dalam sejarah FC Barcelona," tulis keterangan resmi  Barcelona.

Baik Guardiola dan Rijkaard hanya kalah dari pemain sekaligus pelatih legendaris Barcelona, Johan Cruyff yang berhasil merebut 183 kemenangan dari 306 pertandingan La Liga. Kendati Guardiola tidak mungkin melewati rapor yang dimiliki Cruyff, nyatanya pelatih berkepala plontos itu memiliki presentase kemenangan terbaik Barcelona di panggung La Liga.

Pelatih yang selalu tampil klimis itu memiliki rata-rata kemenangan 76,8 persen. "Poin tersebut masih jauh di atas Rijkaard yang mempunyai presentasi kemenangan 56,9 persen. Ini raihan terbaik bila dibandingkan pelatih Barcelona manapun di sepanjang sejarah klub," demikian keterangan yang dilansir situs resmi Barcelona. (umi)

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016