Neymar Jaga Tradisi Penyerang Brasil di Barcelona

Pemain timnas Brasil, Ronaldinho (kanan) bersama Neymar
Sumber :
  • REUTERS/Tomas Bravo

VIVAbola - Keputusan Neymar bergabung dengan Barcelona menjaga tradisi striker bintang asal Brasil di Camp Nou. Neymar mengikuti jejak legenda Brasil, seperti Evaristo de Macedo, Romario, Ronaldo, Rivaldo dan Ronaldinho.

Seperti dilansir Marca, Neymar merupakan pemain ke-28 asal Brasil yang akan mengenakan seragam tim utama Barcelona. Pemain asal Brasil pertama yang memperkuat Barcelona adalah Fausto dos Santos pada musim 1931/1932.

Sejak saat itu, sejumlah bomber asal Brasil memperkuat Barcelona. Evaristo bergabung dengan klub asal Catalan itu pada 1957 dan mencetak 173 gol. Selanjutnya, ada Romario yang bermain di Camp Nou selama dua musim, 1993 hingga 1995.

Romario

Di musim pertamanya bersama Barcelona, Romario mencetak 32 gol. Total, Romario mencetak 39 gol untuk Blaugrana dan memberi gelar La Liga 1993/1994 dan Piala Super Spanyol 1994.

Ronaldo Brazil

Berikutnya ada Ronaldo. Meski hanya bertahan satu musim di Barcelona (1996/1997), Ronaldo berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu legenda Azulgrana.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Ronaldo mencetak 47 gol dari 51 pertandingan. Ia juga mempersembahkan Piala Raja, Piala Winners dan Piala Super Spanyol.

Rivaldo

Usai Ronaldo, datang Rivaldo yang dibeli dari Deportivo La Coruna pada 1997. Pemain Terbaik Dunia 1999 itu memberi Barcelona dua gelar La Liga (2008, 2009), Piala Super Eropa 1997 dan Piala Raja 1998.

Ronaldinho

Bintang lini depan asal Brasil terakhir yang sukses di Barcelona adalah Ronaldinho. Dibeli dari Paris Saint-Germain pada 2003, Ronaldinho mengubah Barcelona yang tidak pernah merebut gelar dalam lima musim, menjadi tim juara. Ronaldinho mempersembahkan dua gelar La Liga, satu trofi Liga Champions dan dua Piala Super Spanyol.

Striker asal Brasil lainnya yang pernah memperkuat Barcelona adalah Giovanni Silva dan Sony Anderson. Tapi, dua nama terakhir ini terbilang kurang sukses. (one)

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016