Liga 1

Bikin Malu Persib, Odemwingie Makin Mantap Jadi Top Scorer

Pemain Madura United, Peter Odemwingie dan Greg Nwokolo, rayakan gol.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Peran Peter Odemwingie sebagai penentu denyut Madura United kian sulit dibantah. Ia telat diturunkan, Laskar Sapeh Kerab kalah 0-3 di markas Pusamania Borneo FC. Mantan pemain Stoke City ini tampil penuh, dua golnya hancurkan Persib Bandung 3-1.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Pelatih MU, Gomes de Olivera memang pantang mengkultuskan individu tertentu dalam skuatnya. Ia lebih mengutamakan keseimbangan dan kerja sama di antara jajaran pemain MU. Tapi, fakta di lapangan tak bisa ia pungkiri. Fakta berbau individual sekalipun.

Minggu, 9 Juli 2017, fakta itu lagi-lagi dihamparkan Odemwingie. Jelas ia tak bermain sendirian, tapi peran dan gelontoran golnya buat MU begitu mencolok. Belum ada yang sanggup membendung. Rekan setim maupun lawan kalah garang dari sang marquee player.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Bukti terkini mencuat dari dua laga terakhir Madura United. Saat baru dimainkan di menit 57 sebagai pengganti Guntur Ariyadi dalam posisi tertinggal 0-2, MU akhirnya tumbang 0-3. Peluang melengserkan PSM Makassar dari puncak klasemen pun menguap.

(Baca juga: Tanpa Odemwingie, Madura United Tak Bertaji)

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Kejadian di laga ke-12 itu diinsyafi De Olivera. Menjamu Persib pada laga ke-13 di Stadion Gelora Bangkalan, ia putuskan Odemwingie beraksi sejak menit awal. Hasilnya luar biasa. MU menang 3-1. Dan, Odemwingie pertegas statusnya sebagai penentu.

Odemwingie lesakkan dua gol. Setelah di menit 21 lewat eksekusi penalti, ia kembali mengoyak jala gawang I Made Wirawan di menit 66. Greg Nwokolo melengkapinya dengan gol di menit 87 atau 5 menit selepas gol semata wayang Persib torehan Raphael Maitimo.

Odemwingie pun melejit sendirian di puncak klasemen top scorer dengan 11 gol, terpaut tiga gol dengan bomber PSM Makassar, Reinaldo Elias Da Costa. Sayang, itu belum cukup buat melejitkan MU ke puncak. Itu karena PSM menang 2-1 atas Bhayangkara FC. Dengan 25 poin dari 13 laga, mereka masih terpaut satu angka dari PSM.     
       
Statistik Laga
Madura United 3-1 Persib Bandung
Waktu: Minggu, 9 Juli 2017
Tempat: Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan
Skor babak I: 1-0
Skor akhir: 3-1
Pencetak gol Madura United: Peter Odemwingie (21, 66), Greg Nwokolo (87)
Pencetak gol Persib Bandung: Raphael Maitimo (82)

Kartu kuning:
Madura United:
Slamet Nurcahyo (25), Engelberd Sani (49), Asep Berlian (56)
Persib Bandung: Dedi Kusnandar (32)

Total tembakan: Madura United 9-6 Persib Bandung
Tembakan ke gawang: Madura United 5-1 Persib Bandung

Susunan pemain:
Madura United:
Herry Prasetyo, Andik Rendika Rama, Asep Berlian, Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Rizky Dwi (Guntur Ariyadi 59), Slamet Nurcahyo (Fandi Eko Utomo), Bayu Gatra, Engelberd Sani (Rendy Siregar 56), Greg Nwokolo, Peter Odemwingie
Pelatih: Gomes de Olivera

Persib Bandung: I Made Wirawan - Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Suparni Nasir, Wildansyah, Atep, Kim Jefrey Kurniawan, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Michael Essien (Hariono 84), Shohei Matsunaga
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya