Demonstrasi Besar-besaran Jelang Piala Konfederasi 2013

Demo jelang Piala Konfederasi 2013
Sumber :
  • dirtytackle
VIVAbola
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
- Piala Konfederasi 2013 di Brasil akan dimulai dini hari nanti, Minggu 16 Juni 2013 di Estadio Nacional, Brasilia antara tuan rumah kontra Jepang. Namun belum juga dimulai, kerusuhan sudah terjadi di luar Stadion Nacional, Jumat 14 Juni 2013.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Sekitar 200 orang melakukan demo dengan membakar ban menutup jalan utama di depan stadion. Rupanya mereka mengeluh mahalnya harga tiket yang tidak bisa dibeli oleh sebagian besar masyarakat Brasil. Mereka juga khawatir pemerintah akan meninggalkan jumlah utang yang besar usai Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2014 karena pembangunan stadion.
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot


Demo jelang Piala Konfederasi 2013


Dilansir
Dirty Tackle
, sejumlah kepolisian lokal dan pemadam kebakaran dipanggil untuk membubarkan demo tersebut, namun demo malah semakin memanas hingga akhirnya bisa diselesaikan pada sore hari, waktu setempat.


Demo jelang Piala Konfederasi 2013


Salah seorang demonstran, Edson da Silva mengatakan dia sengaja melakukan hal ini untuk menentang pemerintah yang menghamburkan uang hanya untuk Piala Dunia. Da Silva akan terus melakukan demonstrasi.


"Kami mengawasi situasi yang terjadi di sana dan kami juga sudah menghubungi panitia lokal. Kami yakin hal ini bisa diatasi oleh Kepolisian Brasil dan juga pemerintahan mereka," ujar juru bicara FIFA, Pekka Odriozola.


Kerusuhan tak hanya terjadi di Brasilia, di ibukota Rio De Janeiro dan Sao Pauo, ratusan orang protes karena kenaikan tarif bus dan kereta bawah tanah. Polisi melaporkan sekitar 40 orang ditahan di Sao Paulo, beberapa di antaranya kedapatan membawa pisau dan bom bensin.


Persiapan Brasil jelang Piala Konfederasi dan Piala Dunia memang cukup mengkhawatirkan karena sejumlah stadion belum layak digunakan dan belum ada jaminan keamanan dari pemerintah Brasil. Bahkan laga persahabatan Selecao kontra Inggris sempat terancam batal karena Stadion Maracana yang belum siap.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya