Persija Kebanjiran Sanksi

Persija Jakarta
Sumber :
  • Adi Sesotya/GOSport

VIVAnews -  Persija tak hanya gagal meraih kemenangan di laga pamungkasnya pada Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010. Pertandingan terakhir ini juga berujung pada hujan sanksi bagi Macan Kemayoran.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 30 Mei 2010, Persija harus kalah 1-5 dari Arema Indonesia. Duel ini disaksikan lebih dari 100 ribu penonton.

Tak hanya gagal meraih kemenangan, akibat keributan yang mewarnai laga ini, dua pemain Persija akhirnya mendapat hukuman dari Komdis PSSI. Mereka adalah pemain bertahan Abanda Herman dan kiper Roni Tri.

Abanda dihukum larangan tampil sebanyak 3 kali pada musim kompetisi 2010/2010 plus denda Rp50 juta. Abanda dianggap bertingkahlaku buruk dengan melakukan protes berlebihan dan menanduk wasit pada saat laga.

Kejadian ini terjadi saat wasit Oki Dwi Putra menganggapnya handsball di kotak terlarang pada menit ke-43. Oki tanpa ragu langsung menunjuk titik putih penalti yang kemudian sukses dieksekusi oleh Pierre Njanka.

Abanda tidak terima dengan keputusan Oki. Pemain asal Kamerun itu pun melancarkan protes keras sembari menanduk Oki. Aksi ini langsung mendapat ganjaran kartu kuning kedua dan mengusirnya dari lapangan.

Saat turun minum, protes kembali dilayangkan oleh kubu Persija. Kali ini Roni Tri Prasnanto ikut memaki wasit Oki. Oleh Komdis, Roni lantas diganjar larangan tampil sebanyak 1 kali plus denda Rp30 juta.

Keputusan yang dikeluarkan Komdis PSSI lewat sidang ke-23, Senin, 7 Juni lalu juga menyentuh asisten
pelatih Persija, Sudirman. Mantan asisten pelatih timnas itu dilarangan beraktifitas di lingkungan sepakbola selama 1 tahun.

Sudirman juga diwajibkan membayar denda Rp30 juta. Sanski ini diberikan karena Sudirman terbukti melakukan tingkahlaku buruk dengan memaki dan menendang bola ke arah wasit.

Panpel Persija juga tak luput dari sanksi. Melubernya penonton hingga ke pinggir lapangan harus dibayar dengan sanksi denda Rp50 juta. Seluruh sanksi ini dirilis Komdis PSSI melalui situs resmi PSSI, Sabtu, 12 Juni 2010.

Hari Kedua Lebaran, Penumpang KAI Commuter Line Naik 32 Persen

Keputusan Komdis PSSI Lainnya

1. Panpel Persija Jakarta dihukum denda Rp. 50.000.000,- karena penonton masuk sampai ke sentel ban dan belakang gawang. (ISL : Persija Jakarta vs PS. Arema Indonesia, 30 Mei 2010).

2. Samsul Ashar, Ketua Umum Manajemen Persik Kediri dihukum Peringatan Keras karena menandatangani permohonan banding Persik Kediri yang seharusnya tidak boleh mengajukan banding. (ISL : Persik Kediri vs Persebaya Surabaya, 29 April 2010).

3. Persik Kediri dihukum denda Rp. 30.000.000,- karena mengajukan permohonan banding (ISL : Persik Kediri vs Persebaya Surabaya, 29 April 2010).


Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba
Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI

Hari Raya Idul Fitri Diharap Jadi Momentum Rekonsiliasi Politik Pasca Pilpres 2024

Para elite parpol maupun calon presiden dan calon wakil presiden yang bertarung di Pilpres 2024 diharap bisa melakukan rekonsiliasi nasional dalam momen Idul Fitri 1445 H

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024