Piala AFF 2010

Filipina Cari Dukungan untuk Pulang Kandang

Timnas Filipina
Sumber :
  • www.affsuzukicup.com

VIVAnews - Kegagalan Filipina menggelar laga kandang semifinal Piala AFF 2010 di negaranya sendiri, mendatangkan keluhan dari timnas Filipina. Menurut pernyataan bersama tim berjuluk Azkals, Presiden Federasi Sepakbola Filipina (PFF) Jose Mari Martinez, memutuskan menggelar laga kandang di luar negeri tanpa meminta pertimbangan apa pun dari timnas.

Dengan demikian Filipina akan menggelar dua leg semifinal di negara lawannya yakni Indonesia. Filipina akan jadi 'tuan rumah' lebih dulu pada 16 Desember 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Tiga hari kemudian, gantian Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah di Stadion yang sama.

Atas keputusan ini, Azkals mengambil sikap dengan menelurkan pernyataan bersama yang dirilis ke beberapa media Filipina.

"Kami meminta pada masyarakat Filipina dan pecinta sepakbola di luar sana untuk mengekspresikan kemarahan atas keputusan ini di setiap venue atau pun media, agar negara ini (Filipina) bisa melihat penampilan Azkals," demikian salah satu bunyi pernyataan itu seperti dilansir Phillipine Entertainment Portal.

"Kami ingin Anda mengekspresikan diri lewat Twitter, Facebook, Messenger, dan cara lainnya."

Dalam pernyataan tersebut, James Younghusband dan kawan-kawan juga menceritakan bagaimana perjuangan mereka untuk bisa lolos ke semifinal. Termasuk perjalanan mereka di babak penysihan Grup B yang dihuni tuan rumah Vietnam, Singapura, dan Myanmar.

"Ketika kami bermain imbang 1-1 dengan Singapura, dan bagaimana kami mengalahkan juara bertahan Vietnam 2-0 di hadapan 40 ribu penonton yang mendukung mereka (Vietnam), kami jadi membayangkan bagaimana kalau Anda sesama masyarakat Filipina, bisa menyaksikan, bersorak, dan memberikan dukungan pada kami," ujar pernyataan itu lagi.

Untuk sementara penggalangan dukungan ini belum mendapat reaksi yang mengubah keputusan venue laga semifinal pertama. Filipina masih dianggap tidak memiliki stadion yang layak untuk menggelar turnamen sebesar Piala AFF. Selain itu PFF sebagai wadah sepakbola di negara tersebut juga masih berkutat dengan konflik internal. (irv)

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng
Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad Nagita Slavina sama-sama dikenal karena telah mengadopsi seorang anak, yang menjadi sorotan publik dan mempunyai alasan tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024