Gempa Selandia Baru, 65 Orang Tewas

Korban gempa bumi di Christchurch, Selandia Baru, 22 Februari 2011
Sumber :
  • AP Photo/TVNZ via Associated Press Television News

VIVAnews - Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, mengungkapkanĀ  gempa bumi di Kota Christchurch hari ini telah menewaskan sedikitnya 65 orang. Namun, jumlah korban dikhawatirkan bisa bertambah saat tim penyelamat terus melakukan evakuasi atas warga yang masih terperangkap reruntuhan bangunan.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa bumi berkekuatan 6,3 pada Skala Richter mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru pada siang hari. Saat itu, banyak warga kembali melanjutkan rutinitas usai jam istirahat.

Walikota Bob Parker sudah menyatakan Christchurch dalam keadaan darurat. Dia meminta penduduk menjauhi pusat kota, yang tengah porak-poranda.

Menurut stasiun berita BBC, gempa kali ini menimbulkan korban dan kerugian yang lebih besar dari yang terjadi di kota yang sama pada September 2010. Saat itu, Christchurch dilanda gempa berkekuatan 7,1 SR.

Key menilai banyaknya jumlah korban pada gempa kali ini karena terjadi saat banyak warga tengah menjalankan rutinitas. "Ini terjadi di jam sibuk. Banyak orang pergi bekerja dan anak-anak bersekolah. Saya tidak bisa menjamin tidak ada korban jiwa," kata Key. (umi)

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua
Sistem pertahanan udara antirudal Iran

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Seorang pejabat senior militer Iran mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan penembakan sistem senjata pertahanan udara Iran yang mendeteksi benda asing

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024