Hindari Teror, Persija Rahasiakan ke Bandung

Rahmad Darmawan
Sumber :
  • Haryo Setyaki/Antara

VIVAnews - Persija Jakarta akan bertandang ke markas Persib Bandung, Sabtu, 18 Maret 2011. Untuk menghindari teror penonton, Macan Kemayoran enggan merinci teknis keberangkatannya ke Bandung.

Rivalitas Persija dan Persib selama ini dikenal sangat tinggi. Persaingan kedua tim era perserikatan itupun merembet hingga ke suporter masing-masing tim The Jakmania (Persija) dan Bobotoh (Persib).

Tak ingin memancing teror dari Bobotoh, Pelatih Persija, Rahmad Darmawan memilih merahasiakan jadwal keberangkatan timnya ke Bandung. Rahmad berkilah proses keberangkatan masih dalam pembahasan.

"Mengenai keberangkatan ke Bandung, saya tidak bisa beberkan sekarang," kata Rahmad saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 16 Maret 2011.

"Kami sebenarnya ada tempat di Bandung. Namun kami masih lihat situasi dulu, apakah akan berangkat waktu hari H atau sebelumnya," lanjutnya.

Pertandingan Persib vs Persija akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Soreang Bandung. Partai bigmatch yang akan disiarkan oleh antv ini ini merupakan lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) 2010/2011.

Di leg pertama saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija berhasil mempermalukan Persib 3-1. Maung Bandung pun akan berusaha membalasnya saat tampil di hadapan publiknya, Jumat nanti.

Psywar jelang laga ini sudah mulai berlangsung. Manajer Persib, Umuh Mucthar pada sebuah kesempatan mengatakan bahwa kemenangan lawan Persija merupakan kado sesungguhnya bagi ulang tahun Persib ke-78.

"Menghadapi laga ini saya sudah meminta kepada pemain agar tidak terpengaruh dengan apapun yang tidak berhubungan dengan yang ada di lapangan, baik itu wasit, penonton, maupun ofisial lawan," kata Rahmad.

"Yang penting para pemain konsentrasi kepada permainan saja."

Kunjungan Persja ke kandang Persib tak pernah nyaman. Tekanan penonton kerap dihadapi oleh pemain-pemain Macan Kemayoran mulai dari kedatangan, pertandingan, dan kepulangan dari stadion.

Bahkan sudah menjadi hal yang biasa bila Persija diangkut dengan kendaraan lapis baja saat hendak maupun meninggalkan stadion.

Nasib yang tak jauh berbeda juga dialami oleh Persib saat bertandang ke Indonesia. Teror dari The Jakmania juga sangat kerap diahdapi oleh punggawa-punggawa Maung Bandung saat bermain di Jakarta.

Belakangan Persib sudah tak mau lagi berlama-lama menginap di ibu kota jelang laga. Maung Bandung memilih untuk bertolak ke Jakarta saat hari H. Setelah laga selesai Persib pun memilih untuk segera pulang.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024