Piala Indonesia Mundur, Persib Rugi Rp2,7 M

Persib Bandung
Sumber :
  • VIVAnews/Yadi

VIVAnews – Jika Piala Indonesia 2011 batal digelar atau mundur, Persib Bandung dipastikan bakal merugi sekitar Rp 2,7 miliar. Sebab, hingga September nanti, Maung Bandung dipastikan akan memberikan gaji buta atau tetap membayar para pemainnya tanpa harus mengeluarkan keringat.

Menurut Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Kuswara S Taryono, mau tidak mau pihaknya harus menghormati kesepakatan kontrak yang sudah dijalin dengan pemain. “Kami sengaja mengontrak pemain sampai September 2011. Sebab, awalnya kami berhitung penyelenggaraan kompetisi Piala Indonesia selesai pada bulan tersebut,” jelas Kuswara.

Persib diperkirakan akan mengeluarkan anggaran sekitar Rp 900 juta per bulan untuk menggaji 25 pemainnya. Pengeluaran Maung Bandung selama kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2010/2011 bisa menyentuh angka Rp 1-Rp 1,5 miliar jika ditambah dengan bonus.

Muncul wacana, menurut Kuswara, Piala Indonesia 2011 akan digelar jelang musim kompetisi 2011/12. Karena itu, Kuswara berharap kepengurusan PSSI baru lebih memperhatikan kebijakan-kebijakan yang tidak membuat klub merugi.

“Kami memang cukup menyayangkan Piala Indonesia yang tidak digelar sesuai waktu yang ditetapkan. Saya kira bukan hanya Persib yang mengalami kondisi seperti ini (menggaji pemain meski kompetisi sudah usai). Bagi pengurus di atas mudah-mudahan mengambil pelajaran dari musim 2010/2011,” tutur Kuswara.

Kompetisi musim 2010/2011 bisa dikatakan agak kacau dari sisi penyelenggaraan menyusul mundurnya tiga klub yakni PSM Makassar, Persibo Bojonegoro dan Persema Malang yang menyeberang ke LPI. Akibatnya, jumlah pertandingan yang dilakoni klub-klub ISL berkurang. Tapi, seperti diungkapkan salah seorang Wakil Direktur PT PBB, Risha Adiwijaya pihak sponsor Persib masih memegang komitmen.

“Sponsor tidak mempersoalkan berkurangnya jumlah pertandingan musim ini. Sebab, kami sudah antisipasi dalam klausul kontrak, dimana disebutkan kalau kontrak sponsor berakhir bukan berdasarkan jumlah pertandingan, tapi berakhirnya musim kompetisi,” jelas Risha.

Pada dua musim terakhir, Persib bisa dikatakan menjadi salah satu klub yang paling diminati kostumnya. Selain sponsor utama dan apparel, Persib pun memiliki sponsor pendamping yang lumayan banyak.

Diperkirakan pendapatan dari sponsor telah mampu menutupi sekitar 50% kebutuhan klub selama satu musim. “Mudah-mudahan musim depan minat sponsor untuk bekerjasama dengan Persib masih tinggi,” tandas Risha.

Laporan: YADI/Bandung

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024