Gerrard: Redknapp Layak Latih Timnas Inggris

Harry Redknapp
Sumber :
  • Telegraph

VIVAnews - Inggris dikenal memiliki liga domestik paling bergengsi di dunia, Premier League. Namun ironisnya, pelatih tim nasional Inggris saat ini bukan orang pribumi melainkan pria asal Italia, Fabio Capello.

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Sebagian besar pelatih klub Premier League merupakan orang Inggris dan beberapa dari negara tetangga, Skotlandia, serta Perancis dan Portugal. Meski berlimpah pelatih pribumi, Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris justru memilih Capello sebagai pelatih timnas saat ini.

Tercatat sepanjang 1946-2000, timnas Inggris selalu ditangani pelatih pribumi, sebelum Sven-Goran Eriksson (Swedia) menggantikan Peter Taylor. Eriksson melatih The Three Lions sepanjang 2001-2006, kemudian dilanjutkan Steve McClaren (Inggris), sebelum Capello menggantikannya pada 2008.

Legenda Inggris dan Pilihannya Menjadi Pandit

Sepanjang kiprahnya, Capello belum sekalipun mempersembahkan trofi bagi timnas Inggris. Bahkan pada Piala Dunia 2010, Wayne Rooney cs harus tersingkir di babak 16 besar.

Pentas Euro 2012 disebut-sebut akan menjadi ‘ujian’ terakhir bagi Capello. Menurut kapten Liverpool, Steven Gerrard, FA harus melirik kembali deretan pelatih pribumi untuk menggantikan mantan pelatih AS Roma tersebut, tak terkecuali pelatih Tottenham Hotspur, Harry Redknapp.

Harry Redknapp Telan Kekalahan Memalukan dengan Yordania

“Bagi saya memang harus pelatih terbaik. Tapi, saya juga setuju bahwa banyak sekali pelatih Inggris yang sangat bagus,” cetus Gerrard pada Sky Sports, Selasa 25 Oktober 2011.

“Nama Harry Redknapp sangat tertanam dan menurut saya, dia tidak mendapat kredit yang layak atas apa yang sudah dilakukannya di Tottenham. Dan mungkin masih ada dua atau tiga kandidat selain Harry,” papar gelandang veteran Inggris ini.

Gerrard menegaskan, FA tidak seharusnya merekrut pelatih asing lagi, selama masih banyak pelatih pribumi yang dianggap mumpuni.

“Saya tidak melihat alasan kenapa kita harus melihat pelatih luar. Tapi memang tidak mudah merekrut pelatih terbaik yang mampu membawa kesuksesan bagi negara,” tuntas gelandang 31 tahun ini. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya