Persiapan Minim Timnas Sambut Beckham Cs

Konferensi Pers Laga Bintang L.A Galaxy Vs Tim Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Tim nasional Indonesia siap menantang klub papan atas Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy. Sayangnya, persiapan skuad Indonesia Selection ini terbilang minim demi mencapai hasil akhir yang maksimal.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Usai menjuarai Major League Soccer [MLS] Cup, LA Galaxy menjalani tur ke beberapa negara Asia dan Australia. Indonesia menjadi salah satu persinggahan David Beckham dan kawan-kawan.

Pada Rabu, 30 November 2011, tim besutan Bruce Arena tersebut bakal menjawab tantangan skuad Indonesia Selection di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Lantas sejauh mana kesiapan Bambang Pamungkas cs untuk melakoni laga 'hiburan' itu?

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Seperti diketahui, timnas kali ini didampingi pelatih skuad SEA Games 2011, Rahmad 'RD' Darmawan serta duo asistennya, Aji Santoso dan Widodo Cahyono Putro. Komposisi skuad ini merupakan gabungan antara timnas senior dengan timnas U-23.

Senin sore, 28 November 2011, skuad Garuda menjalani latihan perdana di Lapangan C GBK. Namun, belum semua pemain terpilih yang mengikuti latihan. RD bersama Bepe, Greg Nwokolo dan Hasyim Kipuw, juga absen lantaran menghadiri jumpa pers di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Seperti pantauan VIVAnews, tercatat 13 dari 21 pemain terpilih yang tampak di lapangan dan mereka hanya menjalani latihan ringan. Selain belum komplitnya pemain, kondisi sejumlah punggawa timnas U-23 belum 100 persen fit usai merengkuh medali perak SEA Games XXVI, pada 21 November lalu.

Perubahan skuad pun terjadi, mengingat batalnya beberapa pemain yang harus memperkuat klub masing-masing. Pada 1 Desember mendatang, Boaz Solossa dan Titus Bonai akan membela Persipura Jayapura di laga ISL. Sedangkan bek Abdul Rahman tampil bersama Semen Padang di ajang IPL.

Sebelum laga digelar, skuad Indonesia Selection dijadwalkan menjalani latihan kembali di Lapangan C pada Selasa pagi, 29 November 2011, kemudian sore harinya uji coba lapangan SUGBK. Ya, waktu persiapan timnas sangat mepet, meski lawan yang akan dihadapi merupakan tim dengan level yang jauh lebih tinggi.

RD Ingin Menang

Namun dengan kondisi tim dan persiapan yang kurang, pasukan RD tetap mengusung optimisme demi memberikan performa terbaik. Hasil laga 'hiburan' ini seakan bukan yang utama, melainkan pengalaman berharga yang pasti dikantongi Bepe dan kawan-kawan, terutama para punggawa skuad Garuda Muda.

"Besok (laga lawan LA Galaxy) memang laga persahabatan, namun kami harus tahu di mana level kami berada. Karena itu, saya katakan kepada anak-anak untuk masuk ke lapangan dan bermain untuk menang," kata Rahmad.

Para pemain pun pantang memangku beban di pundak masing-masing. Seperti halnya bomber Timnas U-23, Patrich Wanggai yang mengaku hanya berharap tampil sebagai starter, hingga Firman Utina yang mengimpikan bertukar jersey dengan sang megabintang, Beckham.

Tak ketinggalan, Bepe pun sudah mengantongi misi serupa dengan Firman. "Mungkin saya akan bertukar kaos dengan Robbie Keane. Alasannya, karena dia pernah memperkuat tim favorit saya, Inter Milan," aku kapten timnas senior ini.

Sementara itu, meski dihantui cedera hamstring, Beckham berjanji akan menampilkan performa terbaiknya. Mantan kapten Manchester United ini juga enggan menganggap remeh kekuatan skuad Indonesia Selection.

"Saya telah mendengar bagaimana kualitas sepakbola Indonesia. Mereka memiliki pemain muda yang berbakat, dan kami tertarik untuk bisa bermain bersama mereka. Kami ingin memenangkan pertandingan nanti meski tahu itu tidak akan mudah," ujar Beckham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya